Kapuas Dipersiapkan Jadi Kawasan Food Estate, Ini Harapan Bupati Ben

KUALA KAPUAS, MK - Kabupaten Kapuas menjadi salah satu daerah di Kalimantan Tengah yang dipersiapkan menjadi tempat pelaksanaan program ketahanan pangan nasional melalui Food Estate.

Untuk tahap pertama pemerintah akan membuka 30.000 lahan persawahan baru di Kalteng yakni di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat menyampaikan, dalam pengembangan tersebut dibutuhkan ketersediaan petani yang cukup. Sebab meski lahan sawah dimodifikasi tetap membutuhkan petani yang banyak.

"Kita bersyukur bahwa Kalimantan Tengah telah ditetapkan menjadi ketahanan pangan nasional, sudah tentu ini untuk kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Tengah, sekaligus membuka peluang bagi putra putri Kalimantan Tengah," kata Ben Brahim, Minggu (27/6/2020).

Bupati dua priode ini menuturkan, terkait program tersebut dibutuhkan banyak tenaga petani muda atau milenial agar nantinya mampu memanfaatkan program food estate tersebut.

"Harapan saya kedepan generasi muda menjadi petani," imbuhnya.

Ben menyampaikan, ke depan ingin memaksimalkan sumber daya lokal, khususnya untuk tenaga kerja pada bidang pertanian.

"Dalam setiap kunjungan Menteri ke sini selalu saya sampaikan untuk memprioritaskan putra-putri Kalteng dalam hal tenaga terampil," kata Ben.

Sebelumnya pada hari yang sama, Menko Bidang Perekonomian  Airlangga Hartanto, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil bersama Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran didampingi Bupati Kapuas Ben meninjau salah satu area pertanian di Kecamatan Kapuas Timur. 

Ini sebagai tindak lanjut ditunjuknya Kalteng menjadi tempat ketahanan pangan nasional.[zulkifli]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar