Antisipasi Berbagai Situasi, Polres Kapuas Simulasi Sispam Mako

Antisipasi Berbagai Situasi, Polres Kapuas Simulasi Sispam Mako

KUALA KAPUAS, MK - Guna meningkatkan kemampuan personel dalam antisipasi menghadapi perkembangan situasi di markas komando (Mako), anggota Polres Kapuas melakukan simulasi alarm steling dan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako) di halaman Mapolres, Senin (15/6/2020).

Simulasi dipimpin langsung Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, dan diikuti para Kabag, Kasat, Perwira dan seluruh Personel Polres Kapuas.

Manang menyampaikan, simulasi Alarm Stelling dan Sispam Mako bertujuan untuk melatih kesiapan personel Polres dalam mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman keamanan baik di luar maupun di dalam markas.

Simulasi ini dilakukan terkait pasca kejadian penyerangan di Polsek Daha, Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

Dalam simulasi itu, para personel dari semua satuan yang ada di Polres Kapuas dilatih agar siap berbuat apa dan di mana posisinya, sesuai titik-titik penempatan yang sudah ditentukan.

“Setelah alarm berbunyi, seluruh personel harus segera bergerak cepat menempati check point yang telah ditentukan dan anggota betul-betul mengetahui posisi dan apa yang harus dilakukan,” terang Manang.

Kapolres mengingatkan kepada semua anggotanya, sebagai personel Polri, setiap individu harus memiliki kesiapan dan kesiagaan prima dalam semua kondisi.

“Kegiatan ini harus dilakukan agar setiap anggota tetap siap siaga, paling tidak ketika terjadi sesuatu hal yang bersifat darurat mereka sudah tau ploting masing-masing,” pungkasnya.

Ditambahkan Kabag Ops Polres Kapuas Kompol Iqbal Sengaji, simulasi Sispam Mako yang dilaksanakan itu merupakan gambaran situasi ketika suatu saat terjadinya keributan atau serangan tiba-tiba terhadap Mako maupun asrama oleh Orang Tidak Dikenal (OTK).

“Tujuannya agar setiap personel memahami kondisi Mako dan Standar Operasi Prosedur (SOP) tentang pengamanannya,” tutupnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama