Transparansi, DPMD Kapuas Minta Penerima Bansos Diumumkan

Transparansi, DPMD Kapuas Minta Penerima Bansos Diumumkan

KUALA KAPUAS, MK - Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Yanmarto SH M.Hum meminta seluruh Camat dan Kepala Desa dan jajaran Pemerintahan Desa (Pemdes) mengumumkan ke publik daftar nama-nama penerima bantuan sosial (Bansos).

Bansos dari Pemerintah itu, seperti 
Program Keluarga Harapan (PKH) 
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), dan Bansos lainnya.

"Agar seluruh Pemdes menempelkan daftar penerima PKH, BPNT,  BST dan BLT Dana Desa dan Bansos lainnya pada papan pengumuman di balai atau kantor desa, masjid, langgar, gereja dan tempat-tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat," kata Yanmarto, Senin (18/5/2020).

Hal itu jelas Yanmarto, sebagaimana arahan Bupati Kapuas Ben Brahim guna mendorong kesadaran para Kades untuk mewujudkan pengelolaan anggaran yang transparan sehingga bisa diketahui semua warga di masing-masing desa.

"Hal ini penting karena proramnya berbeda-beda,  selain itu waktu penyalurannya juga berbeda," terang Yanmarto.

Dengan diumumkan daftrar penerima bantuan sosial ke publik, masyarakat luas dapat melihatnya secara langsung dan bisa mengoreksi kondisi terkini penerima bantuan tersebut.

"Pengumuman akan membantu apabila ada warga yang memenuhi syarat, namun merasa belum masuk daftar. Agar segera ditindaklanjuti," pungkasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama