Mampu Serap Anggaran 93 Persen, Dewan Apresiasi PUPR

Mampu Serap Anggaran 93 Persen, Dewan Apresiasi PUPR

BANJARMASIN, MK - Kinerja atas serapan Anggaran Tahun 2019 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dalam melaksanaan pembangunan, mendapat apresiasi Komisi III DPRD Kota Banjarmasin.

Dari total anggaran yang disediakan untuk Dinas PUPR Kota Banjarmasin pada tahun 2019 sebesar Rp284 miliar, mampu diserap sebanyak 93 persen dari anggaran yang digelontorkan.

"Komisi III mengapresiasi kinerja PUPR dengan capaian pekerjaan 93 persen dari alokasi dana yang bersumber dari APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019," ungkap Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin, Muhammad Isnaini usai rapat kerja dengan Dinas PUPR, Rabu (6/5/2020).

Meskipun ada beberapa item, lanjut Isnaini, pekerjaan yang tertunda sebanyak hanya 7 persen. Dinas berjanji sisa pekerjaan akan disesuai dan hasil Rapat Kerja dilanjutkan di tahun 2020 ini secara bertahap.

"Pekerjaan yang tertunda tahun lalu tetap akan dilanjutkan dengan skala prioritas. Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap serapan anggaran 2020 yang tentunya tidak mungkin akan semaksimal tahun 2019," kata politisi Partai Gerindra ini. 

Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Arifin Noor menjelaskan, dampak Covid-19, sejumlah pekerjaan infrastruktur tahun ini dipastikan tertunda di antaranya pembangunan gedung PUPR, museum dinas pariwisata, siring Sungai Martapura, dan kegiatan lain.

"Tahun ini dianggarkan Rp406 miliar dan baru terserap 10 persen. Ada beberapa proyek pembangunan Jembatan Bromo, Kelayan dan HKSN segera dikerjakan," jelas Arifin.

Arifin mengungkapkan, pihaknya tetap optimis meskipun terganggu dengan wabah Covid-19. Tetapi pihaknya tetap berupaya keras, serapan anggaran tahun ini bisa maksimal seperti tahun lalu.

"Ada beberapa proyek yang memang belum lelang. Kami optimis serapan akan maksimal, meskipun tidak semaksimal tahun lalu karena ada sejumlah proyek yang tertunda," ungkapnya.[toso]
Lebih baru Lebih lama