Infrastruktur Jadi Modal Utama Menuju Pelosok Pedesaan

Infrastruktur Jadi Modal Utama Menuju Pelosok Pedesaan

BUNTOK, MK - Infrastruktur merupakan modal utama dalam membuka jalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, diperlukan pembangunan yang merata hingga ke pelosok pedesaan.

“Pemerintah harus terus menggenjot pembangunan, baik itu jalan, jembatan dan kesehatan, maupun pendidikan,” terang Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Hermanes, Rabu (27/5/2020)

Ia menambahkan, pembangunan hendaknya jangan hanya berfokus di wilayah perkotaan saja, tetapi juga merata sampai ke wilayah pelosok pedesaan.

"Saran saya, jangan hanya memfokuskan pembangunan di perkotaan saja. Namun juga lebih menekankan untuk pedesaan, karena masyarakat pedesaan juga banyak membutuhkan, khususnya untuk peningkatan perekonomian,” tutur politisi PDIP ini.

Ini juga, lanjutnya, menjadi salah satu keberhasilan pembangunan, di mana sebagian besarnya diukur dari kemajuan infrastruktur sarana dan prasarana di desa.

Untuk itu, Hermanes mengingatkan bahwa salah satu sektor pendanaan pembangunan yang wajib diawasi secara ketat adalah Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). 

"Karena ADD dan DD ini yang harus benar-benar dipastikan, dirasakan oleh masyarakat pedesaan," imbuhnya.

Terkait perekonomian wilayah pedesaan, Hermanes ingin agar Kepala Desa dan Pemkab melalui instansi terkaitnya, menggali setiap potensi yang ada di desa untuk dikembangkan agar bisa dijadikan sumber pendapatan asli desa (PADes).[deni]

Lebih baru Lebih lama