Harlah Pancasila, Haji Alex: Tatamkan Nilai-nilai Pancasila

Harlah Pancasila, Haji Alex: Tatamkan Nilai-nilai Pancasila

BUNTOK, MK - Ketua Komisi l DPRD Barito Selatan (Barsel) Raden Sudarto menyampaikan pesan dalam memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada 1 Juni 2020 ini.

"Peringatan Hari Pancasila ini sebenarnya mempunyai banyak untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila ke generasi muda," tutur Raden kepada metrokalimantan.com, Jumat (29/5/2020). 

Menurutnya, sebagai wakil rakyat yang langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat Barsel, anggota DPRD dituntut kreatif dalam mendekatkan diri dengan kalangan masyarakat. 

Ia juga menambahkan, Pancasila ditetapkan sebagai dasar ideologi negara untuk mempersatukan bangsa di dalam perbedaan. Oleh sebab itu, kita harus ingat dan harus bersatu dalam keberbedaan yang sangat beragam.

"Cara mengelola perbedaan harus dengan cara-cara yang demokrasi. Sebab terlalu banyak perbedaan yang tidak dikelola secara demokratis akan menghasilkan ketidakadilan," jelasnya.

Misalnya, lanjut pria yang akrab disapa Haji Alex ini, tidak ada kesempatan yang sama kepada setiap ikatan kelompok masyarakat. Demokrasi akan liar jika tidak dikawal oleh hukum. 

Bangsa Indonesia harus mampu beradaptasi dengan setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya, dalam era digital yang memberikan pelayanan cepat kepada seluruh masyarakat dunia lintas bangsa. 

"Jika negara tidak tanggap terhadap perkembangan itu, rakyat akan lebih banyak berinteraksi secara digital dengan dunia luar," ungkapnya.[deni]
Lebih baru Lebih lama