Banjir Kepung Warga Kelurahan Bangkuang

Banjir Kepung Warga Kelurahan Bangkuang

BUNTOK, MK - Banjir musiman di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito saat ini mengakibatkan rumah, fasilitas umum, tempat ibadah dan perkantoran, terendam banjir.

Banjir musiman ini terjadi dalam sepekan terakhir ini. Tingginya curah hujan menyebabkan DAS Barito meluap hingga mengakibatkan pemukiman penduduk terendam banjir.

Leli Herawati, salah satu warga Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengungkapkan, banjir ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain dihantui wabah Covid-19, lanjutnya, masyarakat yang bermukim di pesisir DAS Barito juga dihantui banjir musiman tersebut.

"Dari sore tadi hingga malam ini cepat naik airnya. Kaget, kami dengan warga yang lain berbegas menyelamatkan peralatan dalam rumah dan segera membuat panggung dalam rumah untuk tempat beristirahat," ungkapnya, Sabtu (9/5/2020) malam.

Terpisah, Pitan, juga warga setempat mengungkapkan, tidak hanya rumah warga yang kebanjiran Masjid Besar Hidayatussalikin Bangkuang pun kemasukan air.

"Kami tadi ba'da salat Isya bersama kaum Masjid dan warga sekitar membuat panggung untuk menyelamatkan karpet, sajadah, mimbar serta perlatan lainnya," tuturnya.

Ditambahkannya, banjir kali ini hampir dengan banjir di tahun 2005 silam, dimana tidak ada lagi rumah warga yang tidak kemasukan air.

"Semoga banjir ini cepat surut," tukasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama