Positif Bertambah, Status Tanggap Darurat di Kalteng Diperpanjang

Positif Bertambah, Status Tanggap Darurat di Kalteng Diperpanjang

PALANGKA RAYA, MK - Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu 15 April 2020 mengalami peningkatan yang signifikan, yakni berjumlah 33 orang.
Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng hari sebelumnya hanya berjumlah 25 orang.
"Penambahan pasien terbesar dalam 24 jam terakhir yakni di RS Doris Sylvanus Palangka Raya sebanyak 4 orang dan RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun sebanyak 4 orang," ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, H Sugianto Sabran.
Pria yang juga Gubernur Kalteng ini menyampaikan, total kasus positif sebanyak 33 orang ini masing-masing 23 orang masih dalam perawatan, 8 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia.
Ke 23 orang yang sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan, kini berada di RS Doris Sylvanus Palangka Raya 11 orang, RS Sultan Imanuddin 8 orang dan RS Murjani Sampit 4 orang.
Sementara, 8 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya.
Sedangkan, 2 orang yang meninggal yakni 1 orang merupakan pasien rujukan dari Kapuas yang di rawat di RS Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi, diketahui meninggal pada Selasa (14/04/2020) sore.
"Pasien meninggal yang baru ini merupakan pasien sedang menjalani perawatan di RS Palangka Raya," bebernya.
Untuk jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini mengalami pengurangan.
Jumlah ODP di wilayah Kalteng pada hari ini mengalami pengurangan yakni sebanyak 38 orang. Pengurangan tersebut berdasarkan pada 24 jam terakhir.
ODP pada hari ini tersisa 374 orang, di mana diketahui pada hari sebelumnya (14/04/2020) berjumlah 412 orang. ODP terbanyak tetap berada di Kabupaten Kotawaringin Barat berjumlah 75 orang.
Sama halnya dengan jumlah PDP yang turut mengalami pengurangan. Total kasus PDP pada hari ini berjumlah 68 orang. Data pada hari sebelumnya menyebutkan berjumlah 72 orang.
PDP di Palangka Raya tetap berjumlah 49 orang, PDP di Pangkalan Bun berkurang menjadi 4 orang, dimana dalam kurun waktu 24 jam terakhir berjumlah 8 orang, PDP di Sampit tetap berjumlah 12 orang, PDP di Kapuas tetap 1 orang, PDP di Barito Timur tetap 1 orang dan PDP di Barito Utara 1 orang.
Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 16 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Barito Utara 7 orang, Murung Raya 10 orang, Kotawaringin Timur 7 orang, Pulang Pisau 5 orang, Katingan 5 orang, Barito Selatan 6 orang, Seruyan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 3 orang, Lamandau 1 orang, Kapuas 2 orang dan Kabupaten Barito Timur 1 orang.
Terkait telah terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 dalam jumlah banyak pada saat ini, orang nomor satu di Tambun Bungai ini mengatakan bahwa pihaknya akan memperpanjang Status Tanggap Darurat Bencana Pandemi Covid-19 di wilayah Kalteng, terhitung sejak 17 April 2020 hingga tanggal 25 Juni 2020, yakni selama 70 hari.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama