Generasi Muda Harus Andil Lestarikan Seni Budaya

BUNTOK, MK – Generasi muda sejatinya mampu berbuat andil dalam melestarikan seni dan budaya daerah. Ini tak lain agar seni budaya asli daerah tak lekang dimakan waktu.
Untuk itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Ensilawatika Wijaya mengajak para muda-mudi Barsel untuk menyukai adat dan seni budaya daerah sejak dini.
"Ini agar seni dan budaya daerah tidak terancam punah serta ditelan zaman, seiring berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi di tengah globalisasi saat ini," tuturnya, Selasa (24/3/2020).
Menurut politisi PDIP ini, seni dan budaya daerah merupakan warisan leluhur kebanggaan kita semua dan simbol suatu daerah yang wajib dipertahankan generasi muda dengan cara melestarikannya.
Cara menggali potensi dan mengenal serta mempelajari adat seni budaya itu bisa melalui latihan pada sanggar tari, mengenal dan bisa berbahasa daerah, dan lain sebagainya.
Wanita berperawakan tinggi semampai ini mengajak para muda-mudi untuk menyukai dan mencintai budaya daerah sejak dini, dengan dibantu pembinaan oleh instansi terkait agar budaya daerah bisa terus dipertahankan.
"Karena itu saya berharap kepada Pemkab Barsel, melalui instansi terkaitnya agar terus berupaya melestarikan budaya," ucapnya.
Kemudian, lanjut wanita murah senyum ini, agar budaya terus bisa dipertahankan, hendaknya pihak sekolah setiap tahun menggelar perlombaan festival seni dan budaya antar sekolah.
"Seperti halnya kita bisa mencontoh, pada saat kaji banding bersama dinas pariwisata terkait Perda Induk Pariwisata Barsel ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur beberapa waktu lalu, di mana ada adat budaya suku Osing yang menjadi salah satu destinasi wisata yang dilestarikan di sana," bebernya.
Destinasi wisata yang dilestarikan di sana, sambungnya, adalah tarian adat dan rumah adat Suku Osing.
"Budaya yang dilestarikan itu dibuat guna menarik wisatawan agar datang ke tempat itu," imbuh dia.
Demikian juga dirinya berharap daerah Kabupaten Barsel yang dinilainya banyak ragam dan kaya akan adat seni dan budaya daerah.[deni]
loading...
TAG