Hadiri Puncak HPN 2020, Jokowi Tanam Pohon Mersawa

Hadiri Puncak HPN 2020, Jokowi Tanam Pohon Mersawa

BANJARBARU, MK - Penanaman pohon di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia di kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, langsung dilakukan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Sabtu (8/2/2020).
Kegiatan yang turut didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini merupakan rangkaian resmi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020. Bersamaan ini juga dilakukan peluncuran Kebun Bibit Desa (KBD).
Di lokasi ini, Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon Mersawa (Anisoptera marginata Korth). Peresmian ini sebagai permulaan dari kegiatan pembangunan KBD di Kalimantan Selatan. 
Selain presiden, perwakilan PWI dari berbagai regional juga melakukan penanaman pohon endemik dari wilayah mereka, yang dibawa langsung oleh masing-masing perwakilan. 
Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq mengungkapkan, pohon yang ditaman Presiden Jokowi tersebut merupakan jenis endemik asli Kalimantan.
“Pohon Mersawa ini merupakan pohon dari dataran Kalimantan, dan tumbuh tinggi pohon ini bisa mencapai 50 hingga 60 meter, bahkan lebih,” terang Hanif. 
Di momen puncak HPN 2020 ini sendiri dilakukan penanaman sebanyak 168 pohon endemik dari seluruh provinsi Indonesia dan tanaman sengon 18.000 pohon di area 6,3 hektare.
Pohon yang ditanam Presiden ini kata Hanif, juga diharapkan Gubernur Sahbirin bisa menjadi ikon di Kalimantan Selatan.
Sebelum meninggalkan lokasi peresmian untuk menuju puncak acara HPN, Jokowi menerima buku “The Wonderful South Kalimantan Forest” yang diserahkan langsung oleh Hanif.
Di lokasi penanaman ini juga tampak jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari.[fahrizal]
Lebih baru Lebih lama