Didukung Kesultanan Banjar, Komunitas Begaya Gelar Tour Sejarah

Didukung Kesultanan Banjar, Komunitas Begaya Gelar Tour Sejarah

BANJARMASIN, MK - Komunitas Bersama Gali Sejarah dan Budaya (Begaya) menggelar tour sejarah jejak awal Kesultanan Banjar. Tour dimulai dari Siring Nol Kilometer Banjarmasin, Sabtu (15/2/2020).
Agenda melintasi sejarah terbentuknya Kesultanan Banjar dan masuknya Islam di Kalimantan Selatan ini merupakan kolaborasi dengan Kesultanan Banjar Kuin.
Tampak dalam kegiatan ini, putri bungsu Sultan Banjar, Yang Mulia Putri Dhia Karima. Bertindak sebagai narasumber Sejarawan dari Tim Ahli Cagar Budaya Banjarmasin, Mansyur.
Panitia tour, Donny Ramadhan menjelaskan, ini merupakan kegiatan pertama kalinya berkolaborasi dengan Kesultanan Banjar.
Sebagai komunitas yang baru dibentuk sejak 30 Juni 2019 lalu, Komunitas Begaya ini bergerak di bidang sejarah dan budaya. 
"Sejauh ini baru Kesultanan Banjar yang melirik kami, kami akui pemerintah pun belum melirik kami karena masih baru," ungkapnya.
Tour ini diikuti 32 peserta, termasuk masyarakat umum. "Sebenarnya tergantung situasi dan kondisi dari lokasi yang akan dikunjungi," pungkas Donny.[wahyu]
Lebih baru Lebih lama