Sikapi Virus Corona, dr Mul: Jangan Panik Tapi Tetap Waspada

Sikapi Virus Corona, dr Mul: Jangan Panik Tapi Tetap Waspada

PULANG PISAU, MK - Saat ini dunia tengah digemparkan adanya Corona Virus atau Virus Corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Dalam kasus ini dilaporkan tak sedikit penduduk Wuhan yang terjangkit hingga tewas.
Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengimbau seluruh lapisan masyarakat Pulang Pisau agar tidak terlalu panik berlebihan, akan tetapi tetap waspada dengan menjaga pola hidup sehat.
"Sejauh ini di tempat kita aman saja. Mudahan tidak ada. Kita berharap masyarakat jangan panik, tapi tetap waspada dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," ujar dr Mul saat dikonfirmasi, Selasa (28/1/2020) di ruang kerjanya.
Menurut dr Mul, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, maka dapat dipastikan tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk virus Corona ini.
"Virus Corona ini gampang sekali menempel pada benda-benda sekitar kita, lalu cara antisipasi yang mudah, yakni setelah memegang suatu benda disekitar kita maka segera cuci tangan pakai sabun," ucapnya.
Selanjutnya, terang Mul, ada beberapa gejala umum yang terjadi pada manusia yang terinfeksi Virus Corona ini, antara lain penderita mengalami demam, batuk dan sesak dada hingga kesulitan untuk bernafas, hingga menyebabkan kematian bagi penderitanya.
"Saat ini memang vaksinnya masih belum ditemukan, tapi misal mendapati atau mengalami gejala itu segera periksakan ke rumah sakit untuk diambil tindakan," tuturnya.
Ia menambahkan, penyebaran Virus Corona ini berasal dari hewan, seperti kelelawar, ular dan sejenisnya. Hanya saja, katanya, sampai ke manusia karena sebab bersentuhan langsung dengan hewan yang terkontaminasi oleh virus tersebut.
"Jadi, kalau sudah tertular ke manusia maka virus akan cepat menyebar ke manusia lainnya. Saya ingatkan juga gunakan perlindungan atau pengaman tubuh ketika akan melakukan kontak langsung dengan binatang liar atau binatang piaraan sejenis tadi," pesannya.[manan]
Lebih baru Lebih lama