Pesona Gunung Mamake, Potensi Wisata Paralayang Dunia

Pesona Gunung Mamake, Potensi Wisata Paralayang Dunia

KOTABARU, MK – Keindahan alam puncak Gunung Mamke yang terletak di kawasan Desa Tirawan, Kecamatan Pulat Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, tampaknya tak bisa dipungkiri siapa pun yang telah mengunjunginya.
Satu di antaranya Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurofik yang juga erpesona dengan keindahan alam puncak Gunung Mamake.
"Destinasi wisata Gunung Mamake tak kalah dengan wisata yang terdapat di kabupaten lain, khususnya wilayah Kalsel," tutur Hanif usai mengunjungi Gunung Mamake selepas peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019).
Menurut Hanif, pemandangan di Gunung Mamake sangat indah dan sejuk. Apalagi letaknya sangat strategis di tengah kota serta tidak jauh dari Pantai Gedambaan, sehingga sangat gampang untuk menjual wisatanya karena juga berarahan dengan laut yang luas.
"Ini harus dikelola secara internasional, baik dari segi persampahan, tata air, desain bangunan, sehingga dapat lebih mempercantik Gunung Mamake ini,” imbuh Hanif.
Hanif menambahkan, pihaknya bersama Pemkab Kotabaru ke depan akan mengembangkan olahraga paralayang di wisata Gunung Mamake. Dirinya juga berencana mengundang Asosiasi Paralayang Indonesia (API) ke Gunung Mamake untuk mendesain tata letak dan mengembangkan olahraga paralayang.
“Kebetulan di sini sangat tepat untuk olahraga paralayang, ke depannya nanti akan menjadi satu-satunya tempat wisata yang mempunyai paralayang di Kalsel. Insya Allah di tahun 2020 nanti Pemprov Kalsel akan mendukung penuh wisata Gunung Mamake untuk menjadi destinasi wisata yang utuh dan baru,” ucap Hanif.
Disinggung mengenai status Gunung Mamake, Hanif memaparkan Gunung Mamake merupakan hutan lindung. Kendati demikian, Gunung Mamake sudah diberikan hak untuk pengelolaan, dalam bentuk hutan kemasyarakatan kepada masyarakat Desa Tirawan.
"Kepemanfaatan wisata ini terbatas, sehingga tidak mengganggu hutan lindung lainnya dan kita akan membuktikannya. Dalam segi pandangan pohon itu akan menghasilkan banyak uang dari pada menebang pohon,” paparnya.
Bupati Kotabaru Sayed Jafar menambahkan, geografis Kotabaru sangat indah, karena ada gunung, laut serta pulau.
"Ini harus kita tingkatkan agar lebih baik lagi, supaya menarik minat wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung ke daerah kita,” kata Sayed.
Saat ini hampir seluruh kabupaten/kota berlomba-lomba memasarkan keindahan daerahnya masing-masing.
“Alhamdulillah, pada saat ini wisata Gunung Mamake mendapat dukungan penuh dari Pemprov untuk dikembangkan supaya lebih baik lagi,” pungkasnya.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama