Lomba Sumpit Warnai Kemeriahan Momen Hari Kemerdekaan di Kubar

Lomba Sumpit Warnai Kemeriahan Momen Hari Kemerdekaan di Kubar

SENDAWAR, MK - Olahraga sumpit menjadi satu di antara beberapa lomba yang dipertandingkan di Alun-alun ITHO Kota Sendawar, Kutai Barat, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2019).
Lomba yang diikuti puluhan peserta dan dihadiri ratusan pengunjung ini sendiri digelar tak lain dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Usai melepas peserta gerak jalan, Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan kepada metrokalimantan.com mengatakan, lomba adu skill menyupit sangat bagus digelar.
“Karena dengan alat tradisional sumpit inilah yang digunakan oleh orang tua zaman dulu, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun ketika ikut berjuang membela NKRI,” terangnya.
Menurut Edyanto, memperkenalkan sumpit kepada generasi muda tentunya sangat penting, dan melalui momen Hari Kemerdekaan ini sumpit bisa dilestarikan.
“Jangan sampai budaya kita tenggelam. Jadi selain kita melaksanakan olahraga modern, olahraga tradisional lokal kita jangan sampai ditinggalkan,” tuturnya.
Edyanto berharap anak-anak Kubar lebih terampil dalam menggunakan alat olahraga sumpit. Apalagi olahraga tradisional sumpit ini bukan hanya diperlombakan di tingkat kabupaten, tapi juga di level provinsi.
“Bahkan tidak menutup kemungkinan sampai ke tingkat nasional," imbuhnya.
Selain sumpit, di Alun-Alun ITHO ini juga dilangsungkan lomba gerak jalan sehat, di mana peserta lomba secara resmi dilepas Wabup Edyanto.[doni]

Lebih baru Lebih lama