Bupati Yapan Apresiasi Inovasi di Festival Pangan Lokal

Bupati Yapan Apresiasi Inovasi di Festival Pangan Lokal

SENDAWAR, MK - Kampanye konsumsi pangan lokal bergizi dan ekonomis digelar TP PKK Kabupaten Kutai Barat di Gedung Serbaguna PKK Kubar, Rabu (31/7/2019).
Kampanye bertajuk Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) ini diikuti 15 peserta dari perwakilan tim pkk kecamatan. Juri festival dipercayakan kepada dinas ketahanan pangan dan dan dinas kesehatan.
Selain untuk meningkatkan minat konsumsi pangan lokal, festival ini juga memacu masyarakat dan kader PKK untuk menciptakan menu-menu lokal yang lebih inovatif dan beragam dengan mempertimbangkan kecukupan gizi.
Bupati Kubar, FX Yapan dalam sambutannya mengatakan, aneka ragam pangan dan konsumsi pangan merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan unggul.
“Saya sangat mengapresiasi inovasi yang sudah dilakukan 15 peserta yang sudah menggali potensi pangan lokal,” tutur bupati bergelar Tumenggung Singa Praja ini.
Yapan mengatakan, program ini tepat dilakukan untuk memotivasi masyarakat dalam rangka diversifikasi pangan, mengolah makanan non beras dan ketersediaannya juga banyak.
Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan mengingatkan kepada para Ketua TP PKK Kecamatan agar dapat mengimplementasikan ilmu yang diterima di festival ini kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.
Tri Mulyono, Ketua Panitia menambahkan, tujuan dilaksanakan sejalan dengan program Germas, yakni menyukseskan gemar makan pangan lokal B2SA.
“Festival ini juga untuk meningkatkan kreasi dan inovasi masyarakat, khususnya para kader PKK Kutai Barat dalam menciptakan kuliner khas daerah yang bernilai komersial,” pungkasnya.
Pada Festival ini Kecamatan Siluq Ngurai tampil sebagai juara, disusul kemudian di peringkat kedua Kecamatan Long Iram, dan posisi ketiga Kecamatan Melak.[doni]

Lebih baru Lebih lama