Sandar di Pelabuhan Stagen, KRI Sampari 628 Langsung Diserbu Pelajar

Sandar di Pelabuhan Stagen, KRI Sampari 628 Langsung Diserbu Pelajar

KOTABARU, MK – Antusiasme pelajar SMK Islam Pelayan Al Bukhari Kotabaru begitu tampak ketika mereka menanti kedatangan KRI Sampari 628, Minggu (28/7/2019).
Alhasil, begitu sandar di Pelabuhan Pelindo III Stagen Kotabaru, kapal ini pun langsung mereka serbu. Mereka begitu bersemangat memadati hingga mencari tau informasi seputar KRI ini.
Selain melihat secara langsung dari jarak dekat, siswa-siswi SMK ini juga tak sabar bertanya seputar KRI kepada awak kapal. Apalagi KRI ini disebutkan memiliki kelebihan dan sistem persenjataan tempur laut.
Kedatangan KRI Sampari ini sendiri tentunya disambut hangat Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S.ST, bersama seluruh personelnya.
Guruh mengungkapkan, kapal perang KRI Sampari 628 ini merupakan kapal mengemban misi khusus. Tentunya masyarakat juga dapat mengunjungi kapal ini, khususnya masyarakat Kotabaru.
"Saya mengajak masyarakat, terutama generasi muda Kotabaru untuk mencintai laut, dan siapa tahu ada yang mempunyai niat untuk bergabung di TNI AL,” tuturnya.
KRI Sampari 628 sendiri merupakan salah satu kapal tercepat dengan rudal skala 60 meter. KRI ini merupakan salah satu jenis kapal perang dengan gelar kapal cepat rudal yang dibuat PT. PAL di Surabaya.
Kapal yang menjadi kapal pemukul reaksi cepat ini disebutkan mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat.
KRI ini memiliki ukuran panjang 60 meter dan lebar 8,10 meter. Untuk berat sekitar 460 ton, dengan sistem pendorong yang andal dan mampu berlayar sekaligus bermanuver dengan kecepatan 28 knot.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama