Panen Raya, Bupati Sayed: Pilot Project Desa Kulipak Jadi Contoh Petani Lain

KOTABARU, MK – Panen raya padi dilakukan Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar di Desa Kulipak, Kecamatan Pulau Laut Timur, Senin (8/7/2019). Desa ini sendiri telah dijadikan pilot project optimasi lahan 100 hektare.
“Ini adalah rencana program pemerintah daerah dengan luas 100 hektare. Lahan yang kita berikan sebagai percontohan pertanian untuk masyarakat,” terangnya.
Dengan pilot project ini, Sayed mengharapkan program ini bisa memberikan contoh kepada petani lain, sehingga dapat mengembangkan lahan yang telah tersedia.
"Untuk masyarakat sendiri akan kami kembangkan melalui kelompok-kelompok tani yang sudah ada. Karena bagaimana pun juga, kita harus lebih dalam lagi melakukan pertanian untuk kesejahteraan masyarakat,” paparnya.
Sayed berharap, dinas terkait bisa menggandeng dan memberikan yang terbaik kepada kelompok-kelompok tani. Ini penting untuk bisa mencapai target dari program pilot project optimasi lahan 100 hektare dengan menghasilkan 7,5 ton beras.
Desa Kulipak sendiri memiliki luas wilayah 2.300 hektare, dengan jumlah penduduk sekitar 470 orang, terdiri dari 4 RT dan 1 dusun. Rata-rata penduduknya bekerja sebagai petani.
Sekitar Mei 2019, Desa Kulipak melakukan panen padi tegalan di lahan agro forestry binaan KPP Kehutanan Provinsi Kalsel, tepatnya seluas 30 hektare.
Di desa ini juga ditanam pohon sengon sebanyak 11.250 batang, tanaman jengkol 1.850 batang dan padi buyung dan santik di lahan seluas 30 hektare.[zainuddin]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar