Jalani Materi Susun Programa Kecamatan dan Mimbar Sarasehan, Kepala BBPP Binuang: Mantapkan Persiapan Sertifikasi

AMUNTAI, MK - Penyusunan Programa Kecamatan dan Mimbar Sarasehan menjadi materi hari ketiga Praktik Lapang Pelatihan Dasar Fungsional Alih Kelompok bagi Penyuluh Pertanian Angkatan II di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai, Minggu (14/7/2019).
Dua hari sebelumnya 29 peserta pelatihan ini telah melaksanakan praktik identifikasi potensi wilayah desa dengan wawancara langsung terhadap petani, PPL dan warga setempat. Peserta juga mengamati langsung wilayah pertanian di desa di mana mereka ditempatkan.
Berbekal data primer dan data sekunder yang terkumpul, petani desa dikumpulkan bersama dan melaksanakan rembug desa untuk mencari solusi atas permasalahan pertanian yang dihadapi petani.
Usai rembug tani desa, peserta pelatihan yang notabene dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan ini, berkumpul di BPP Sungai Pandan untuk menyusun programa kecamatan dan melaksanakan mimbar desa.
Hasil pengamatan peserta dari Desa Hambuku Hulu, Desa Hambuku Raya dan Desa Hambuku Pasar dituangkan dalam programa kecamatan setelah dipresentasikan terlebih dahulu. Di sesi ini peserta tampak antusias mengikuti kegiatan penyusunan programa dan mimbar sarasehan.
Praktik lapang ini sendiri bertujuan untuk memantapkan peserta pelatihan dalam menggali informasi dari petani melalui rembug tani, identifikasi potensi wilayah, menyusun programa dan praktik menyuluh.
Sejatinya praktik ini diharapkan akan menambah ilmu dan pengalaman peserta tentang penyuluhan pertanian.
Kegiatan ini sendiri langsung dihadiri Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati MSi. Juga Widyaiswara dan PPL BPP Sungai Pandan.
Dalam arahannya, Yulia berpesan agar kesempatan ini digunakan untuk memantapkan keahlian peserta menjadi seorang penyuluh pertanian profesional yang bisa membangun desa. Ia juga mengingatkan perihal persiapan sertifikasi untuk semua peserta.
"Kami berharap semua peserta siap mengikuti sertifikasi. Persiapan ini penting agar sertifikasi berjalan dengan baik, dan semua kelengkapan administrasi dapat tersedia dengan baik," tuturnya.[bayu/mia]
loading...
TAG