Wujudkan Millennial Agricultural Entrepreneurship, BBPP Binuang Dukung P4S Indah Jaya Farm

TANA PASER, MK - Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Indah Jaya Farm di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur merupakan salah satu P4S yang dimiliki oleh anggota IKAMAJA.
Sejak berdiri 2014 hingga kini, P4S ini sudah memiliki sarana belajar lengkap, seperti saung, infokus, kursi belajar, sarana akomodasi asrama, sekretariat dan perpustakaan.
Bahkan P4S ini sudah memiliki media sarana praktik yang diusahakan, yakni kebun sawit seluas 8 hektare, kebun karet 3 hektare dan komoditi agrowisata jambu california seluas 1,5 hektare.
Sebagai bentuk dukungan program generasi millenial, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang merangkul P4S Indah Jaya Farm yang telah berkomitmen membangun wirausaha pertanian generasi milenial, melalui magang usaha tani di Jepang untuk generasi milenial wilayah Kalimantan.
Karenanya BBPP Binuang mencoba terobosan bagi petani milenial yang ingin magang usaha tani di Jepang. Untuk itu, nantinya juga menggandeng kerjasama dengan P4S Agro Pariangan Okiagaru di Majalengka, di mana P4S ini sudah memiliki MoU magang di jepang.
"Peningkatan kapasitas sarana P4S Indah Jaya Farm terus kami dukung untuk mempersiapkan P4S ini menjadi pusat orientasi calon magang Jepang di wilayah Kalimantan," ungkap Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati MSi di sela penyerahan hibah penguatan kapasitas kelembagaan P4S untuk P4S Indah Jaya Farm, Jumat (28/6/2019).
Yulia meminta P4S Indah Jaya Farm memanfaatkan hibah sarana prasarana yang telah diberikan sebaik-baiknya untuk proses pembelajaran pelatihan dan permagangan.
"Jangan melihat dari jumlah dananya yang dihibahkan, tapi ini merupakan bentuk dukungan dan pembinaan yang kami berikan untuk memberikan semangat dan dukungan bagi P4S wilayah binaan BBPP Binuang," jelas Yulia.
Hibah sendiri diserahkan BBPP Binuang di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Paser, dan dihadiri Sekretaris Dinas Pertanjan Kabupaten Paser, Muhammad Amin SP MP serta Kepala Bidang Penyuluhan, Ir Hanoida Balqas MAP. Hibah yang diserahkan secara simbolis berupa 1 buah Layar LCD monitar, dan kursi belajar sebanyak 27 buah.
Apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih disampaikan Muhammad Amin kepada BBPP Binuang yang turut membina dan membangun pertanian di wilayah kerjanya. 
Muhammad Amin meminta P4S Indah Jaya Farm terus membangun pertanian di Kabupaten Paser, khususnya untuk pembangunan pertanian generasi millenial. Juga manfaatkan kepercayaan tersebut dengan sebaik baiknya melalui pelatihan dan permagangan di P4S.
"Untuk mendukung kegiatan P4S ini, Pemerintah Kabupaten Paser siap mensupport kegiatan melalui anggaran pemerintah daerah," terang Amin.[sumantri/ardy]
loading...
TAG