Kunjungi Kotabaru, DLH Kalsel Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Kunjungi Kotabaru, DLH Kalsel Sosialisasi Pengelolaan Sampah

KOTABARU, MK – Sosialisasi pembinaan persampahan digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Selatan di Kantor DLH Kotabaru, Jumat (28/6/2019).
Kepala DLH Kotabaru, Arif Fadillah mengatakan, sosialisasi tentang pembinaan persampahan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penanganan sampah rumah tangga.
"Kami tentu sangat mendukung kegiatan ini. Dengan pembinaan ini masyarakat Kotabaru diharapkan semakin berperan aktif menjadikan Kotabaru bersih,” tuturnya.
Sementara itu, Bidang Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Media DLH Kalsel, Hj Ninuk Murtini mengungkapkan, sejauh ini sampah bersumber dari limbah masyarakat, kantor, dan sekolah.
“Penghasil sampah terbanyak adalah anorganik, kemudian sampah B3 dan jenis lainnya. Kami berharap partisipasi masyarakat untuk turut mengelola sampah,” jelasnya.
Selain itu, kepala desa atau lurah juga harus aktif memberikan dorongan kepada masyarakat agar mereka mengerti tentang pengelolaan persampahan, mulai dari pemilihan dan penempatkan di tempat sebenarnya.
“Alhamdulillah, beberapa kota bersih sudah terformat dengan ditandai adanya penilaian, baik kota yang berprestasi menerima Adipura,” katanya.
Pengelolaan sampah secara baik dan benar sejatinya sangat penting, agar ke depan sampah tidak lagi menjadi momok bagi pemerintah.
Sosialisasi ini tampak dihadri para camat, kepala desa, Ketua RT, TP PKK Kotabaru, serta pengurus Bank Sampah Harapan.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama