Meriahkan Malam Idul Fitri, Pemkab Kotabaru Gelar Takbiran Keliling Kota

Meriahkan Malam Idul Fitri, Pemkab Kotabaru Gelar Takbiran Keliling Kota

KOTABARU - Mewarnai suasana kemeriahan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar malam takbiran sekaligus pawai keliling kota, baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda  empat, Selasa (9/4/2024) malam.

Sekretaris Daerah Kotabaru, Drs. H. Said Akhmad, MM bersama Kapolres Kotabaru, AKBP. Dr. Tri Suhartanto SH. MH. M. Si membuka sekaligus melepas iring-iringan takbiran dan pawai keliling tersebut. 

Rute bagi pejalan kaki start dari Siring Laut Kotabaru melalui Jalan H. Agus Salim, Jalan Diponegoro, Jalan Pangeran Hidayat, Jalan Surya Gandamana, Jalan Pangeran Cipta Sari (Limbur), dan finish di Jalan Pangeran Indra Kesuma Negara.

Rute roda 4 start dari Siring Laut Kotabaru menuju Jalan H. Agus Salim, Jalan Diponegoro, Jalan Pangeran Hidayat, terus ke Jalan Veteran, Jalan M. Alwi-Jalan H, Hasan Basri-Jalan melewati jalan Meranti Putih (Perumnas), Jalan Taman Melati dan keluar di Jalan Nusa Indah. kembali kejalan M.Alwi, Jalan Veteran, Jalan Surya Gandamana, Jalan Pangeran Putri Cipta Sari (Limbur), Finis di Jalan Pangeran Indra Kesuma Negara Siring Laut. 

Kegiatan ini digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotabaru yang bersinergi dengan Pemkab Kotabaru dengan jumlah peserta kurang lebih 29 peserta, di antaranya pejalan kaki 5 peserta, dan roda 4 ada 24 peserta.

Sejumlah peserta pawai menghiasi dan melengkapi mobilnya dengan sound sistem tambahan serta hiasan ala tanglong.

Sekda Said mewakili Bupati Kotabaru sangat mengapresiasi dalam penyelenggaraan kegiatan malam takbiran dan pawai keliling Kota tersebut, momentum ini sebagai landasan kebersamaan untuk menyukseskan pembangunan.

"Pada malam yang membahagiakan ini, seluruh umat di tanah air mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid untuk mengangungkan kebesaran Ilahi Rabbi, Memuji-Nya," ucap Sekda. 

Untuk itu, Ia mengajak menjadikan momentum Gema Takbir Sa-ijaan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijryah ini sebagai landasan untuk membangun kebersamaan dalam menyukseskan pembangunan di Negeri Junjungan yang sama-sama kita cintai ini.

"Hari Raya Idul Fitri adalah Hari Kemenangan bagi umat Islam di seluruh dunia, tidak terkecuali masyarakat ummat islam di Kabupaten Kotabaru," katanya. 

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang ajaran syiar islam yang mencerminka  tentang ajaran islam yang aman, damai dan menjaga toleransi.

Sementara itu, dalam laporannya Wakil Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotabaru, Dr. H. Akhmad Ismail Fahmi, SE. M. Si menyampaikan, kegiatan ini merupakan kerinduan umat dalam memeriahkan Hari Kemenangan.

"Ini merupakan kerinduan kita untuk menggelar kemeriahan dalam menyambut malam hari raya Idul Fitri dengan melaksanakan takbiran keliling, karena kita beberapa tahun tidak menggelar kegiatan seperti ini dikarenakan Pandemi," tuturnya.

Perlu diketahui, kategori bagi pejalan kaki untuk favorite dengan nilai 800 diraih nomor 05 (Desa Baharu Utara), juara 4 dengan nilai 995 dengan nomor urut 02 (Gg. Fajar), juara 3 diraih nomor urut 01 ( Mesjid Nurul Hikmah Desa Tirawan) dengan nilai 1029, juara 2 dengan nilai 1032 nomor urut 04 (Desa Rampa Lama ) dan juara 1 diraih nomor urut 03 (Ahbabul Mustafa) dengan nilai 1036.

Sedangkan kategori roda 4,  juara 3 diraih nomor urut 07 dengan nilai 883, juara 2 diraih nomor urut 14 dengan nilai 962, dan untuk juara 1 diraih nomor urut 16 dengan nilai 1011 dengan meraih piagam dan tropi serta uang pembinaan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Kapolres Kotabaru juga turut memberikan uang pembinaan bagi para pemenang dengan masing-masing sebesar Rp5 juta bagi pejalan kaki, dan Rp5 juta untuk roda 4.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama