Kemeriahan Pawai Karnaval Budaya 2024 Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kapuas

Kemeriahan Pawai Karnaval Budaya 2024 Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kapuas

SUASANA pawai karnaval budaya Kapuas 2024.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Pawai karnaval budaya rangkaian memeriahkan hari jadi ke 218 Kota Kuala Kapuas sekaligus hari ulang tahun ke 73 Pemkab Kapuas berlangsung semarak dan meriah, Jumat, (26/4/2024) sore.

Pawai karnaval ini disambut dengan antusias oleh masyarakat 'Kota Air' Kapuas. Sejak pukul 15.00 Wib terlihat sudah banyak warga tumpah ruah  memenuhi trotoar, juga memadati sepanjang sisi ruas jalan di sekitar pusat kota Kapuas untuk menyaksikan pawai karnaval budaya itu.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi bersama Forkopimda dan pejabat lainnya melepas peserta pawai ditandai dengan pemukulan gerantung dan pengibaran bendera start.

Sebelumnya Erlin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada peserta maupun masyarakat yang antusiasnya luar biasa dalam mengikuti pawai karnaval budaya tersebut.

"Karnaval budaya hari ini tidak hanya sekedar rangkaian kegiatan perayaan hari jadi saja, tetapi ini juga merupakan upaya terus menjaga dan melestarikan seni  budaya nasional maupun daerah," ujarnya.

Sementara iring-iringan peserta pawai menampilkan bermacam kostum profesi, pakaian adat berbagai suku, pernak pernik dan aksesoris dari berbagai daerah yang menggambarkan keberagaman dan Kebhinekaan di kabupaten dengan slogan 'Tingang Menteng Panunjung Tarung' ini serta menggambarkan falsafah 'Huma Betang' yang memiliki nilai luhur kebersamaan dan persatuan.

Ragam budaya dan seni khas Suku Dayak juga  banyak ditampilkan dalam karnaval ini seperti tari tradisional diiringi lantunan tutur sastra lisan seni Karungut.

Pawai karnaval kali ini, disambut sangat antusias oleh masyarakat Kabupaten Kapuas dengan dibuktikan banyaknya masyarakat yang memenuhi rute yang dilalui oleh peserta pawai karnaval.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama