Pj Bupati Pulang Pisau Hadiri Oplah Rawa di Desa Buntoi

Pj Bupati Pulang Pisau Hadiri Oplah Rawa di Desa Buntoi

PULANG PISAU - Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani menghadiri sekaligus mendampingi Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Mentan) beserta rombongan pada kegiatan Kick-off Optimalisasi Lahan (Oplah) Rawa di wilayah Desa Buntoi Rey 8, Kecamatan Kahayan Hilir, daerah setempat, Sabtu (16/3/2024).

"Pemkab Pulpis tentu bersyukur dan berterima kasih dengan adanya program Upsus Oplah Rawa. Harapan kami melalui program ini khususnya dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian," ucap Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau. 

Ia menyebut, Kabupaten Pulang Pisau sendiri mendapat sebanyak 21 ribu hektare lebih untuk program Upsus Oplah Rawa Tahun 2024. Meski begitu, kata Nunu, dari jumlah tersebut Survei Investigasi Desain (SID) ada yang sudah, belum dan masih berproses.

"Target Pak Dirjen dari 21 ribu itu sudah selesai selama 3 bulan dan lahannya sudah konstruksinya. Jadi ini merupakan tantangan baru bagi kita, baik Pemkab dan pihak terkait didalamnya untuk bersama meraih target yang ditetapkan oleh Dirjen Perkebunan. Kami pun optimis target akan tercapai," katanya.

Selanjutnya, Dirjen Perkebunan Kementan RI Andi Nur Alamsyah meminta agar dilakukan akselerasi atau percepatan sehingga upsus optimalisasi lahan rawa di Pulang Pisau yang telah tersedia seluas 106 ha, bisa diselesaikan dalam jangka waktu empat hari ke depan.

"Saya harapkan kita bisa bekerja sama dengan para petani dan juga pihak terkait lainnya, agar pekerjaan bisa kita selesaikan dengan cepat," tandasnya. 

Dari pantauan awak media, turut hadir mendampingi Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo mewakili Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. Unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta, Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng Sunarti, dan para pihak terkait lainnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama