Pemkab di Kalteng Diharapkan Lakukan Upaya Konkret Penanganan Inflasi Maksimal

Pemkab di Kalteng Diharapkan Lakukan Upaya Konkret Penanganan Inflasi Maksimal

STAF Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembanguan, Yuas Elko hadiri Rakor Pengendalian Inflasi secara virtual.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembanguan, Yuas Elko hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah Kantor setempat, Senin (25/3/2024). Rakor ini dipimpin oleh Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir.

Dalam arahannya Tomsi mengimbau kepada 214 Pemerintah Daerah yang sama sekali tidak melakukan upaya-upaya konkrit dalam penanganan inflasi, agar segera melaksanakannya dengan maksimal sesuai arahan Mendagri.

"Enam upaya konkrit tersebut yakni melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditas untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan BTT, dan dukungan transportasi dari APBD. Kami juga mengimbau agar operasi pasar murah benar-benar dilaksanakan dengan sebenar-benarnya dan dilaksanakan terus menerus supaya berdampak," ujarnya.

Sementara usai rakor, Yuas mengatakan bahwa pada minggu lalu Pemprov Kalteng telah melaksanakan Pasar Murah di 14 Kabupaten/Kota.

"Pemerintah Provinsi selalu berupaya maksimal dalam menekan angka inflasi di daerah, salah satunya melalui Pasar Murah. Untuk Pemerintah Kabupaten yang sama sekali tidak melakukan upaya konkrit dalam penanganan inflasi, kami harapkan bisa melakukan upaya maksimal secepatnya," tandasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama