Kunjungi TPA di Desa Sungup, Bupati Sayed Ingin Dilakukan Penataan Lebih Baik

Kunjungi TPA di Desa Sungup, Bupati Sayed Ingin Dilakukan Penataan Lebih Baik

KOTABARU - Usai melaksanakan peresmian pengaspalan jalan di dua Kecamatan, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar langsung meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Sungup, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kotabaru, Kamis (7/3/2024)

Ia juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotabaru agar segera mengerahkan alat berat untuk memaksimalkan tumpukan TPA di Desa Sungup. 

Dikatakannya, lokasi TPA Sungup ini masih mampu menampung sampah hingga beberapa tahun mendatang. Hanya saja, perlu dikelola dengan baik sehingga benar-benar rapi dan tidak berserakan dan ditata dengan maksimal.

Ia menambahkan, sebagai langkah awal, sampah yang menumpuk diangkut dan didoser hingga ke ujung batas tanah yang akan dijadikan galian. Ini agar tanah dari galian untuk jalan mengelilingi TPA mudah dalam pengelolaanya. 

Sayed menginginkan tanah galian dibuat jalan, sekaligus sebagai jalan keliling untuk mempermudah akses pembunagan sampah lanjutan.

Selain tempat pengelolaan sampah, Bupati meminta agar taman jalan masuk dari jalan raya menuju pembuangan sampah di percantik dan ditata serapi mungkin agar menambah nilai estetika dari TPA tersebut. 

Kepala DLH Kotabaru, Maulidiansyah menyampaikan, luas lokasi TPA saat ini kurang lebih 20 hektare. Ke depan Pemkab Kotabaru akan melakukan penggalian guna menata dan mendesain lokasi pembuangan agar mampu menampung secara maksimal.

"Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di lokasi TPA Sungup akan dilakukan penggalian tanah untuk menimbun dan memuat sampah dengan ukuran 100 kali 120 meter dalam pengelolaan pembuangan sampah lanjutan," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama