Godfridson Optimis Mampu Selesaikan Program Oplah Rawa

Godfridson Optimis Mampu Selesaikan Program Oplah Rawa

PULANG PISAU - Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Pulang Pisau Godfridson optimis akan menyelesaikan program Optimalisasi Lahan (Oplah) Rawa yang menjadi target pihak Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian. 

"Karena secara teknis lahan kita ini kan sudah siap dan pengerjaannya pun tidak manual, melainkan secara mekanis. Jadi, tinggal melaksanakannya saja dengan dukungan para pihak, termasuk dukungan para petani nya," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (16/3/2024).

Godfrid menyebut, berkaca dari program food estate di wilayah Desa Belanti Siam dan desa sekitarnya, maka program Oplah rawa ini akan menghasilkan panen yang maksimal kisaran 4 sampai 5 ton per hektare. 

"Dengan syarat lahannya kita kelola dengan baik, seperti tata kelola saluran air nya bagus, maka hasilnya akan memuaskan karena program ini tinggal action nya saja lagi. Jadi, dalam 4 hari ke depan kita siap benih sampai penanaman dan semoga pak Mentan hadir langsung saat penanaman di lahan optimalisasi ini," katanya.

Sebelumnya, Dirjen Perkebunan Kementan RI Andi Nur Alamsyah meminta Pemkab Pulang Pisau dapat melakukan akselerasi atau percepatan sehingga upsus optimalisasi lahan rawa di Pulang Pisau yang telah tersedia seluas 106 hektare bisa diselesaikan dalam jangka waktu 4 hari ke depan.

"Jadi, perlu kerjasama dengan seluruh pihak terkait. Khususnya dengan para petani agar pekerjaan bisa kita selesaikan dengan cepat," tandasnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama