Gerak Syariah 2024, Kampanye Bangkitkan Ekonomi Syariah di Kalsel

Gerak Syariah 2024, Kampanye Bangkitkan Ekonomi Syariah di Kalsel

BANJARMASIN – Puncak Gebyar Ramadhan Keuangan atau disingkat Gerak Syariah 2024 dilangsungkan di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (27/3/2024).  

Momen ini dihadiri langsung Plt Kepala OJK Kalsel, Ahimsa, Ketua Mayarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalsel, Ustadz Mairijani, Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin, Ketua Forum Wartawan Ekonomi (FWE) Kalsel, Arief Rahman Hakim, sejumlah tokoh maupun ulama, serta pelaku usaha ekonomi syariah di Banua.

Gerak syariah sendiri telah dibuka secara nasional oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi pada Rabu 13 Maret 2024 lalu secara online. 

Kampanye ini dilanjutkan oleh setiap Kantor OJK di daerah. Untuk hal ini, OJK Kalsel berkolaborasi dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Bank Syariah Indonesia, Bank Muamalat, Pegadaian Syariah, Bank Kalsel Syariah, Forum Wartawan Ekonomi (FWE) Kalsel, serta Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). 

Penutupan Gerak Syariah Kalsel sendiri ditandai dengan kegiatan berbagi takjil. Kemudian dilanjutkan dengan seminar, penyerahan bantuan kepada panti asuhan oleh Bank Kalsel, serta diskusi peningkatan keuangan syariah di Kalimantan Selatan.
 
Sebelumnya dilakukan Talkshow Syariah melalui radio dengan tema “Paylater dalam Sudut Pandang Keuangan Syariah”, tepatnya pada 15 Maret 2024.

Kemudian juga ada rangkaian literasi dan edukasi keuangan Syariah antara lain kepada para pengajar SMK/SMA Maestro Banjarmasin yang berlangsung 18 Maret 2024 dengan tema “Lihai Maharagu Duit,”. Juga kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Universitas Islam Kalimantan, dan Politeknik Negeri Banjarmasin.

Selanjutnya kegiatan padas 19 Maret 2024 dengan tema “Kelembagaan dan Produk Keuangan/Layanan Syariah 2024,”. Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Dewan Kemakmuran Masjid pada 20 Maret 2024, Edukasi Keuangan Syariah di Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin pada 21 Maret 2024 dan kegiatan Dishare atau Diskusi Syariah kepada ibu-ibu di Panti Asuhan Hikmah Zam-zam dengan tema “Lihai Maharagu Duit Kaluarga,” pada 25 Maret 2024.

OJK bersama seluruh pemangku kepentingan dan Pelaku Usaha Jasa Keuangan terus bergerak menebarkan manfaat melalui upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah kepada masyarakat, khususnya di Kalimantan Selatan.[]
Lebih baru Lebih lama