Ruas Jalan Penghubung Pusat Kota di Kotabaru Amblas

Ruas Jalan Penghubung Pusat Kota di Kotabaru Amblas

KOTABARU - Amblasnya ruas jalan akses lintas nasional Kabupaten Kotabaru menimbulkan kemacetan, tepatnya di jalan raya Stagen, Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Rabu (7/2/24) sekira pukul 16.20 Wita. 

Akses jalan perbatasan Desa Semayap dengan Desa Sungai Taib ini merupakan jalan poros utama bagi warga menuju pusat Kota Kotabaru.

Dalam Hal ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotabaru, Suprapti Tri Astuti langsung turun meninjau titik lokasi amblasnya ruas jalan tersebut

Ia mengatakan, 15 menit yang lalu pihaknya mendapat informasi dan langsung turun meninjau lokasi atas amblasnya/ambruk jalan lintas ini. 

Menurutnya, status jalan amblas ini adalah jalan nasional, yang merupakan bukan jalan Kabupaten, namun untuk penanganannya tersebut termasuk dalam ranah Balai Jalan Besar Nasional di Banjarmasin, di bawah Kementerian PUPR, tetapi keberadaan jalan ini berada di Kabupaten Kotabaru.

"Amblasnya jalan ini dikarenakan usia jalan yang sudah cukup lama sekitar 20 tahunan, mengakibatkan Aramco (besi gorong-gorong) rapuh dan mengakibatkan jalan amblas," terangnya. 

Untuk penanganan pertama sifatnya urgen. Untuk itu, pihaknya akan membantu perbaikan sementara, dan akan menurunkan alat PC45 untuk menggali tanah yang ada di dalam agar saluran air menjadi lancar, karena kalau tidak digali sungai akan buntu dan bisa meluap.

"Setelahnya akan ditaruh plat dengan ketebalan tertentu, agar dapat dilewati dengan bobot yang lebih ringan (motor), untuk bobot yang berat akan diarahkan lewat di bagian jalan yang tidak amblas," katanya. 

Ia menambahkan, untuk mengurai kemacetan Dinas Perhubungan turun untuk merekayasa jalur lalu lintas dengan memberlakukan tutup buka jalan, secara bergantian, saat pengguna jalan melewati area jalan yang amblas.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama