Hadirkan Narsum dari DJPB, Dislutkan Kalteng Gelar Sosialisasi Pengelolaan Jabatan

Hadirkan Narsum dari DJPB, Dislutkan Kalteng Gelar Sosialisasi Pengelolaan Jabatan

SOSIALISASI pengelolaan jabatan fungsional kelautan dan perikanan.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Untuk meningkatkan pemahaman tentang sistem kerja dan jabatan fungsional, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Sosialisasi Pengelolaan Jabatan Fungsional Perikanan Budidaya, berlangsung di Kantor Dislutkan setempat, Kamis (22/2/2024).

Kegiatan yang dipimpin oleh Sekretaris Dislutkan Nita Fera tersebut menghadirkan narasumber  dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, yakni Analis SDM Aparatur Ahli Muda, Hajijil Hakim.

Saat pemaparan materi, Hajijil menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi itu adalah memberikan pemahaman yang baik mengenai organisasi kepada ASN di Dislutkan Kalteng dan Dinas Perikanan di 14 Kabupaten/Kota dalam memahami kelas jabatan, fungsi, dan mekanisme yang berlaku di dalam struktur organisasi.

Hajijil menjelaskan, secara rinci konsep jabatan fungsional  pada setiap tingkatan jabatan mulai dari unit eselon satu hingga tingkat pelaksana.

Pemaparannya tidak hanya sekadar definisi dari jabatan fungsional bidang kelautan dan perikanan, tetapi juga mencakup sistem kerja dan kedudukan dari setiap jabatan yang telah dijelaskan pada paparan awal.  

Selain itu juga dilakukan pendampingan verifikasi dan validasi terkait penghitungan kebutuhan jabatan fungsional bidang kelautan dan perikanan yang ada di pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi itu memiliki relevansi yang tinggi serta berperan penting untuk kemajuan organisasi yang dipimpinnya. 

Lanjutnya, dengan mengetahui sistem kerja, kelas jabatan, dan fungsinya, para pegawai diharapkan dapat bekerja secara terarah demi mencapai tujuan organisasi.

"Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik kepada para pegawai, sehingga mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam tugas sehari-hari. Dengan demikian, Pemprov Kalteng dan Pemerintah Kabupaten/Kota optimis dapat meningkatkan kualitas kinerja dan mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif untuk mewujudkan Kalteng Makin Berkah," pungkasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama