Resmikan 2 Pasar Desa, Bupati Kotabaru: Diharapkan dapat Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat

Resmikan 2 Pasar Desa, Bupati Kotabaru: Diharapkan dapat Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat

KOTABARU - Bupati Kotabaru, Sayed Jafar meresmikan pasar Desa Tarjun dan pasar Desa Mandala di Kecamatan Kelumpang Hilir, Rabu (10/1/2024). Keberadaan 2 pasar ini diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat Desa Tarjun dan Desa Mandala. 

Pasar Tarjun Jaya dibangun melalui Dana Desa dengan biaya 800 juta yang dimulai dari tahun 2022 hingga 2023 dengan fasilitas berupa listrik, air dan bangunan kios serta Los pasar. 

Sedangkan bangunan Pasar Sumber Rezeki Desa Mandala melalui dana APBD Kotabaru sebesar Rp184.508.000 dengan pelaksana CV Dhania dan pemasangan paving untuk blok pasar Desa Mandala sebesar Rp166.833.000 dengan pelaksana CV Bahtera Aditama yang dibangun dimulai sejak bulan Juni hingga Desember 2023 dengan fasilitas lengkap, seperti sarana listrik, air dan WC. 

Dalam sambutannya, Bupati Sayed berharap kehadiran Pasar Desa Tarjun Jaya dan Sumber Rezeki di Desa Mandala dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar pasar, khususnya pedagang pasar.

"Keberadaan pasar, khususnya pasar desa merupakan salah satu indikator paling nyata dalam kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. Dengan hidupnya pasar Desa ini, tentunya dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi didesa tersebut," ucap Sayed.

Bupati Sayed berpesan untuk menjaga dan mempertahankan keberadaan pasar desa ini agar tidak tergerus keberadaan pasar modern. Dengan hilangnya pasar desa tersebut dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

"Setelah pasar ini diresmikan dan beroperasi, kami berharap agar seluruh elemen pasar desa baik pengelola, pedagang dan pembeli dapat bersama-sama menjaga kebersihan, menjaga fasilitas dan keamanan serta memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan, bukan tidak mungkin masyarakat akan lebih memilih berbelanja di pasar tradisional dibanding di pasar modern," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mandala, Jumari menjelaskan, kurang lebih 8 tahun warga desa mereka menginginkan pasar ini yang mana selama ini berjualan di bahu jalan. 

"Kami warga Mandala sangat gembira dengan adanya peresmian pasar tersebut, karena kurang lebih 8 tahun kami menginginkan adanya bangunan pasar ini, di mana dimulai tahun 2015 sudah berjualan di bahu jalan. Sekarang alhamdulillah di awal tahun 2024 telah selesai pembangunan pasar Mandala yang dilengkapi dengan fasilitas seperti listrik, air dan WC sehingga masyarakat yang beraktivitas dalam hal berbelanja atau jual beli di pasar ini merasa aman dan nyaman, sedangkan untuk pembuangan sampah kami sudah menyiapkan lahan untuk lokasi pembuangan sampah," jelasnya.

Perlu diketahui, setelah melakukan peresmian pasar desa, Bupati Kotabaru beserta rombongan meninjau langsung bangunan pasar serta pedagang sembari menyapa warga setempat.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama