Pj Bupati Pulang Pisau Sampaikan Sambutan Menag di HAB ke-78 Kementerian Agama

Pj Bupati Pulang Pisau Sampaikan Sambutan Menag di HAB ke-78 Kementerian Agama

PULANG PISAU - Apel peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama tahun 2024, berlangsung di lingkungan MAN 1 Pulang Pisau, Rabu (3/1/2024) pagi.

Upacara dipimpin langsung Pj Bupati Pulang Hj Nunu Andriani, dihadiri dan diikuti Ketua DPRD Pulang Pisau H Ahmad Rifai, Wakil Ketua 1 DPRD Pulang Pisau, H Ahmad Fadli Rahman, Kakanmenag Pulang Pisau, H Amruddin, unsur Forkopimda, para dewan guru, pejabat ASN dan Non ASN di bawah naungan Kankemenag Pulang Pisau.

Menyampaikan sambutan Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas. Pj Bupati Pulang Pisau menyebut bahwa sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Dimana, diantara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. 

"Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama," kata Menag dalam poin sambutannya yang dibacakan Pj Bupati Pulang Pisau.

Selain itu, lanjutnya, insan Kemenag memiliki 
tugas untuk membangun karakter bangsa melalui 
pendidikan agama. Sebab, bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan. 

"Jadi, melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas Kemenag kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan. Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat," tuturnya.

Selanjutnya, ditambahkan, pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, Menag mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. 

"Indonesia Hebat Bersama Umat" adalah tema yang diusung pada HAB ke-78 inibermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia  yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

"Oleh karena itu, mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Karena jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, dan transparan," ujar Menag.

Ia berpesan, kepada seluruh pejabat ASN dan Non ASN di Kemenag untuk menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan. "Maka, dengan balutan netralitas itu, saya meminta kepada ASN Kemenag untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita," pungkasnya.

Sementara pada rangkaian HAB ke-78 Kemenag turut digelar ramah tamah oleh Kemenag Pulang Pisau. Dikesempatan itu, Pj Bupati Pulang Pisau mengajak insan Kemenag untuk melayani umat dengan senang hati, riang gembira dan penuh pengabdian.

"Jadikan pelayanan umat ini menjadi panggilan hati. Artinya bukan hanya pelayanan birokrasi, tetapi murni melayani dengan wujud inklusif,  transparansi, dan berdampak untuk menuju Indonesia hebat," ucap Pj Bupati Pulang Pisau.

Sementara lagi, Kepala Kanmenag Pulang Pisau H Amrudin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pj Bupati Pulang Pisau, unsur pimpinan DPRD Pulang Pisau, forkopimda dan  stakeholder di Kabupaten Pulpis, atas jalinan kerjasama yang selama ini terbina dengan baik dan harmonis.

"Ini merupakan wujud nyata dari simbol Handep Hapakat untuk kemajuan Kabupaten yang kita cintai ini," katanya.

Kemudian, dirinya berpesan kepada seluruh  pegawai Kemenag yang berkumpul dan berkesempatan hadir pada saat ini, agar dapat meningkatkan kualitas lembaga Kemenag melalui kinerja dan pelayanan terbaik.

"Mari kita wujudkan program Kemenag untuk kemaslahatan umat beragama," ucapnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama