Pemprov Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau

Pemprov Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau

PULANG PISAU - Antusias masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Kecamatan Kahayan Hilir berkumpul di Halaman Stadion HM Sanusi, kota setempat untuk memperoleh sembako yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui kegiatan pasar penyeimbang pada Jumat (26/1/2024) kemarin.

Tampak hadir Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani sekaligus mendampingi Gubernur Provinsi Kalteng, H. Sugianto Sabran beserta istri untuk membuka kegiatan pasar penyeimbang, dan juga dihadiri oleh anggota DPR RI Dapil Kalteng, Wakil Gubernur Provinsi Kalteng H Edy Pratowo, sejumlah kepala OPD Provinsi/Kabupaten, Sekda Pulang Pisau serta pejabat lainnya.
 
Saat membuka kegiatan tersebut Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan bahwa pelaksanaan pasar penyeimbang tersebut adalah program berdasarkan hasil rakor dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia  bahwa komoditas atau kebutuhan pangan masyarakat mengalami kenaikan harga.

"Harapannya dengan adanya pelaksanan kegiatan Pasar Penyeimbang seperti ini, harga kebutuhan pokok bisa terjamin dan inflasi Kalteng bisa terkendali," ungkapnya.

Pj Bupati Pulang Pisau saat dimintai informasi menyampaikan bahwa dengan adanya pasar penyeimbang ini membantu stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat, selain itu dengan adanya subsidi dari Pemerintah Provinsi diharapkan kegiatan tersebut dapat berlanjut. 

“Dalam waktu dekat juga akan ada penyaluran-penyaluran beras dari cadangan pangan pemerintah, yang mana nantinya diharapkan dapat membantu mengurangi pengeluaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan," kata Pj Bupati Pulang Pisau. 

Pj Bupati Pulang Pisau menambahkan bahwa untuk Kabupaten Pulang Pisau hari ini ada Dua titik pelaksanaan kegiatan pasar penyeimbang, yakni di Kecamatan Jabiren Raya sebanyak 2000 paket dan Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 4000 paket.

"Untuk nilai 150 ribu rupiah per paket dengan subsidi dari Pemprov Kalteng sebesar 130 ribu rupiah dan disubsidi lagi oleh Bapak Gubernur kita sebesar 20 ribu rupiah, hingga akhirnya paket sembako tersebut digratiskan untuk masyarakat,"  ujar Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.

Sebagai informasi paket sembako pada Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau ini berisikan beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden 1 kaleng, dan mie instan 2 bungkus.

Salah seorang warga Pulpis, Lina mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya pasar penyeimbang yang semula berbayar, namun akhirnya digratiskan oleh Gubernur Kalteng.

"Terima kasih, sejumlah paket sangat membantu untuk menambah persediaan sembako di rumah," ucap Lina singkat.[rilis/manan]

Lebih baru Lebih lama