Kunjungi Desa Lontar, Wakil Ketua DPRD Kotabaru Hadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI-AL

Kunjungi Desa Lontar, Wakil Ketua DPRD Kotabaru Hadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI-AL

KOTABARU - Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Mukhni menghadiri peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI-AL tahun 2023 di Desa Lontar Selatan, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, Kalsel, Senin (4/12/2023).

Juga tampak hadir Palaksa Lanal Kotabaru mewakili Danlanal. Kemudian Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Asisten II Setda Kotabaru, perwakilan Forkopimca Pulau Laut Barat, Camat Pulau Laut Barat beserta staf, Kepala Desa Lontar Selatan, dan jajaran TNI-AL Lanal Kotabaru, beserta tamu undangan.

Mukhni mengapresiasi atas diresmikannya Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI-AL tahun 2023 yang dilakukan di Desa Lontar Selatan, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kotabaru ini.

Mukhni mengatakan, Sumber Daya Alam (SDA) Kotabaru berlimpah dan dapat dimanfaatkan sepenuhnya bagi masyarakat pesisir, sehingga dengan adanya KBN ini masyarakat pesisir kita dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Mukhni berharap dengan adanya program KBN ini menjadi wadah untuk mencerdaskan masyarakat pesisir kita sebagai bentuk implementasi dari pembinaan ketahanan.

Peresmian KBN TNI-AL Tahun 2023 ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia secara virtual vicon yang dipimpin langsung oleh Aspotmar KASAL, Mayjen TNI Mar MarkosSE.

Aspotmar Kasal Mayor Jendral TNI Marinir Markos, S.E. dalam sambutannya menyampaikan, sebagai kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia memiliki SDA maritim yang sangat berlimpah.

SDA tersebut harus dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan di Indonesia terutama masyarakat pesisirnya harus didukung dan diwujudkan dalam semua bidang kehidupan pembangunan masyarakat pesisir.

"Program KBN TNI-AL 2023 ini merupakan wadah untuk membina wilayah pesisir agar bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat pesisir serta bentuk implementasi dari pembinaan ketahanan,” tuturnya.

Program KBN merupakan suatu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa program TNI dan beberapa program antara lain, memperkuat pertahanan ekonomi, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serta memperkuat stabilitas politik dan hukum.

"Kegiatan ini meliputi 5 bidang kemaritiman, seperti bidang Edukasi, bidang Ekonomi, bidang Kesehatan, dan bidang Pariwisata, serta bidang Pertahanan,” paparnya.

Di mana sejak tahun 2021 TNI Angkatan Laut telah membangun 81 KBN yang tersebar di seluruh wilayah pesisir Indonesia, dan di Tahun 2023 ini telah membangun 69 KBN baru. Ke depan TNI Angkatan Laut akan tetap melanjutkan pembangunan KBN ini di tahun-tahun berikutnya.

Selain peresmian KBN Lanal Kotabaru juga membagikan sembako kepada warga masyarakat sekitar KBN (pesisir) di Desa Lontar Selatan Kecamatan Pulau Laut Barat Kabupaten Kotabaru.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama