Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu, Bawaslu Kalsel Gelar Forum Warga di Desa Liyu

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu, Bawaslu Kalsel Gelar Forum Warga di Desa Liyu

MASYARAKAT Desa Liyu terlibat aktif dalam pengawasan pemilu melalui Forum Warga.| foto : istimewa

PARINGIN - Desa Liyu di Kabupaten Balangan menjadi saksi kegiatan yang menggugah semangat partisipasi masyarakat dalam persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Senin (18/9/2023). 

Dalam acara yang diinisiasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan, Anggota Bawaslu, Thessa Aji Budiono beserta rekannya-rekannya menjalin silaturahmi melalui Forum Warga.

Forum warga ini bertujuan memberikan warga kesempatan untuk menyampaikan aspirasi, berdialog, dan berdiskusi tentang tahapan pemilu dan pengawasan Pemilu. 

Thessa Aji Budiono, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kalsel menyatakan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kewajaran Pemilu. 

“Sebagai pengawas, kami sangat mengharapkan peran aktif masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan Pemilu agar proses pemilu dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Semntara itu, Kabag Pengawasan dan Humas, H Supriyanto Noor menjelaskan, dengan minimnya personel pengawas, masyarakat perlu menjadi mitra pengawas. 

"Forum warga ini menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat, memungkinkan mereka melaporkan dugaan pelanggaran pemilu kepada pengawas pemilu terdekat," tambahnya. 

Berbeda disampaikan, Rosmelyanoor, Ketua Bawaslu Kabupaten Balangan menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam mengawasi Pemilu dan menghindari pelanggaran Pemilu.

"Peran serta masyarakat yang telah memiliki hak pilih dalam proses penyelenggaraan pemilu setidaknya harus saling mengingatkan satu sama lain,” katanya.

Senada, Eko Agus Saputra, anggota Bawaslu Kabupaten Balangan menekankan bahwa masyarakat bukan hanya objek kampanye, tetapi juga menjadi subyek dalam pengawasan pemilu. 

“Masyarakat adalah perpanjangan telinga, mata, dan tangan pengawas pemilu,” ujarnya.

Kondisi geografis Kabupaten Balangan yang sulit diakses menjadi tantangan tersendiri dalam pengawasan pemilu dan pilkada. 

Di kesempatan berbeda, Sekretaris Desa Liyu, Ridwan, menyambut baik kegiatan forum warga ini sebagai pendidikan pemilu bagi masyarakat dan berharap kegiatan semacam ini dapat lebih sering diadakan.

Forum ini dihadiri oleh warga adat Dayak Deah Desa Liyu serta jajaran Bawaslu Kabupaten Balangan dan Panwaslu Kecamatan Halong, memperkuat komitmen bersama dalam menjaga integritas pemilu dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama