Event FBIM Sebagai Bentuk Pelestarian Seni Budaya Kalteng

Event FBIM Sebagai Bentuk Pelestarian Seni Budaya Kalteng

SEPAK sawut, salah satu yang dilombakan di FBIM.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang dilaksanakan terpusat di Kota Palangka Raya dari tanggal 22 hingga 27 Mei 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Hj Adiah Chandra Sari mengatakan, FBIM merupakan event tahunan yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalteng yang diikuti peserta dari Kabupaten/Kota se Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai tersebut.

Pada event tersebut, urainya, berbagai permainan tradisional hingga seni budaya diperlombakan, diantaranya lomba habayang, lomba malamang, lomba manyipet, lomba mangenta, lomba karungut, lomba sepak sawut, lomba tari pedalaman dan masih banyak lagi lomba-lomba lainnya.

"Melalui Festival Budaya Isen Mulang ini maka seni budaya, permainan tradisonal dan wisata Kalimantan Tengah akan semakin dikenal oleh masyarakat lokal hingga mancanegara. Festival Budaya Isen Mulang sendiri masuk dalam Karisma Event Nusantara atau KEN 2023," katanya, Jumat (26/5/2023).

Dikatakannya, dalam mempertahankan serta melestarikan budaya lokal merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. 

Karenanya, ia mengimbau agar para orangtua untuk lebih aktif lagi dalam mengenalkan kebudayaan kepada anak-anak dan generasi muda sehingga budaya tidak punah seiring perkembangan zaman.

"Karena melestarikan budaya bukan hanya jadi tugas Pemerintah saja melainkan tugas kita bersama, kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi," tukasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama