Setwan Balangan Wujudkan Informasi Hukum melalui Inovasi JDIHN

SEKRETARIAT DPRD Balangan lakukan pengembangan Inovasi JDIHN.| foto : istimewa

PARINGIN - Upaya kolektif untuk membangun pusat pangkalan data (Database) hukum, Sekertariat DPRD Balangan kembangkan inovasi Jaringan Dokumen dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN). 

Kabang Persidangan dan Perundangan-Undangan Sekretariat DPRD Balangan, H Hasan Nor Arifin mengatakan, berkenan dengan inovasi JDIHN, semua produk hukum dan aturan dari DPRD Kabupaten Balangan bisa diupload dan diketahui publik. 

"Jadi semua Kabupaten/Kota se-Indonesia seperti itu, sehingga dapat mempermudah mengakses informasi berkenaan dengan hukum  dan Informasi Perda yang di buat," ujarnya Hasan, Kamis (30/3/2023). 

Untungnya inovasi JDIHN tersebut, tambah Hasan, bisa mengakses dan mengetahui informasi hukum dan Perda di seluruh daerah di Indonesia sehingga dapat menjadi pembanding dan pembelajaran. 

Ia berharap dengan inovasi JDIHN tersebut bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak agar pengembangan tersebut bisa berjalan baik. 

"Tugas Dewan itu ada tiga Penganggaran, legislasi dan pengawasan. Terkait dengan JDIHN ini mereka sebagai legislasi dalam membuat aturan itu lebih mudah," tuturnya.

Sehingga Hasan berharap, bisa mendapat dukungan untuk fasilitas-fasilitas pengembangan, dan penganggaran agar dapat mempermudah dalam mengupload dan pengembangan JDIHN.[agus/adv]

loading...