Sekda Nuryakin Sampaikan Sejumlah Kemajuan Kalteng di Rapat Paripurna DPRD

Sekda Nuryakin Sampaikan Sejumlah Kemajuan Kalteng di Rapat Paripurna DPRD

PENANDATANGANAN berita acara keterangan LKPj Gubernur Kalteng tahun anggaran 2022.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Nuryakin menyampaikan pidato pengantar Gubernur tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Akhir Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023.

Rapat paripurna berlangsung di ruang paripurna DPRD Kalteng tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, Abdul Razak, Selasa (28/3/2023).

"Kita patut bersyukur, berkat rida dari Tuhan yang Maha Esa, disertai komitmen, konsistensi, dan koordinasi yang sangat baik  Pemerintah Daerah dengan DPRD yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat, maka dari waktu ke waktu dalam tahun kedua di periode kedua masa kepemimpinan Gubernur H Sugianto Sabran ini pembangunan secara umum menunjukkan peningkatan yang sangat berarti, dan hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kalimantan Tengah dengan baik," ungkap Nuryakin.  

Sejumlah peningkatan yang dimaksud, bebernya, ditunjukkan melalui indikator capaian makro yaitu Perkembangan IPM tahun 2022 mencapai 71,63 persen meningkat dari tahun 2021 sebesar 71,25 persen, penurunan persentase angka kemiskinan periode September 2015-September 2022 dari 5,91 persen menjadi 5,22 persen, sehingga Kalteng berada pada urutan ke 5 dengan angka kemiskinan terendah dari 34 Provinsi di Indonesia.

"Untuk tingkat pengangguran terbuka, PDRB per kapita, ketimpangan pengeluaran (Gini Ratio)," imbuhnya.

Sementara itu, lanjutnya, realisasi PAD hingga 31 Desember 2022 mencapai 2,522 Trilyun melebihi target yang ditetapkan 2,331 Trilyun. 

Kemudian, tambahnya, capaian kinerja pemerintahan dan pembanguna yang juga terealisasi tahun 2022 diantaranya dimulainya pembangunan RS Kelas B wilayah Barat di Hanau, Seruyan, dimulainya pembangunan Bundaran Besar Palangka Raya, sukses menyelenggarakan UCI MTB Eliminator World Cup dan Penilaian Opini Badan Pemeriksa Keuangan yang tetap dapat dipertahankan dalam posisi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama delapan tahun berturut-turut. 

Usai laporan, dilakukan serah terima dan penandatanganan Berita Acara keterangan LKPj Gubernur oleh Wakil Ketua DPRD Abdul Razak dan Gubernur Sugianto yang diwakili Sekda Nuryakin.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama