Kelola Ikan Keramba, Masyarakat Pinggiran Sungai Bisa Membentuk Koperasi

Kelola Ikan Keramba, Masyarakat Pinggiran Sungai Bisa Membentuk Koperasi

BUNTOK – Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Rusinah Andelen berharap masyarakat desa bisa mengembangkan kolam ikan masyarakat. Pengembangan kolam ikan itu menyusul besarnya nilai Alokasi Dana Desa (ADD) sejak tahun 2016 silam.

"Pengembangan kolam ikan bisa difokuskan oleh desa-desa di Dapil I Barsel, karena pemukiman penduduknya berada di pinggiran bantaran sungai,” kata Rusinah Andelen, Kamis (16/2/2023).

Ia menilai, fokus di bidang perikanan tambak keramba ikan ini lantaran menyesuaikan kondisi desa di aliran sungai atau dataran rendah yakni di pesisir Sungai. 

Ia berharap masyarakat desa di pinggiran sungai dapat membentuk koperasi dalam mengelola ikan keramba. Tiap koperasi nantinya bisa diberikan bantuan bibit ikan oleh dinas terkait. 

Kepada dinas terkait, kata dia, diharapkan pula bisa membangun kerja sama dengan pengusaha ikan di daerah lain, kapan perlu dengan provinsi lain dalam hal penjualan hasil produksi ikan.

“Dengan adanya kerjasama itu, diharapkan pula bisa mempermudah penjualan hasil panen ikan di wilayah Barsel,” pungkas politisi Nasdem ini.[deni]

Lebih baru Lebih lama