Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul Diperingati di Masjid Agung Pulang Pisau

Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul Diperingati di Masjid Agung Pulang Pisau

PULANG PISAU - Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H tahun 2023 diperingati di Masjid Agung Ar-Raudhah, Kota Pulang Pisau pada Selasa 7 Februari 2023 kemarin.

Kegiatan dilaksanakan oleh DPD KBPRMI Kabupaten Pulang Pisau bekerjasama dengan Pemkab Pulang Pisau ini merupakan agenda tahunan setiap bulan Rajab.

"Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW ini sekaligus dirangkai dengan peringatan Haul ke-18 Guru Sekumpul di Masjid Agung Arraudhah. Acara dihadiri ribuan jemaah, peringatan diisi oleh Tuan Guru KH Ahmad Barmawi atau akrab disapa Guru Kulur dari Rantau, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan," kata Ketua Panitia Bukhari Muslim SAg MPd kepada awak media, Rabu (8/2/2023).

Atas terselenggaranya kegiatan ini, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Pulang Pisau yang terus memberikan dukungan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh DPD BKPMRI Kabupaten Pulang Pisau.

"Kita bersyukur selama ini setiap tahunnya selalu dilaksanakan kegiatan hari besar Islam seperti peringatan Maulid, Isra Miraj, Tahun Baru Islam dan kegiatan Islam lainnya dapat dilaksanakan oleh DPD BKPRMI dengan dukungan penuh Pemkab Pulang Pisau," tambah Bukhari Muslim.

Sementara, dalam tausiyahnya KH Ahmad Barmawi membacakan teks hadits lengkap tentang perjalanan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW dan menerjemahkannya sesuai teks hadits.

"Awal mula kita umat Rasulullah diperintahkan salat 50 waktu, namun setelah bertemu Nabi Musa AS Rasulullah diminta untuk kembali menghadap Allah untuk meringankan perintah sholat itu. Hingga beberapa kali bertemu Allah akhir diputuskan perintah salar 5 waktu untuk umat Nabi Muhammad SAW," urai Guru Kulur.

Meskipun hanya 5 waktu salat yang ditentukan, lanjut KH Barmawi, pahala yang didapatkan umat Nabi Muhammad SAW sama dengan pahala orang yang melaksanakan sholat 50 waktu.

"Bahkan satu rakaat salatnya umat muslim lebih baik dari salatnya 70 ribu malaikat yang diperintahkan Allah untuk melaksanakan, oleh sebab itu umat muslim sangatlah beruntung," ujar KH Ahmad Barmawi.

Pada kesempatan itu, Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dalam sambutannya diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Edy Purwanto Casmani menyampaikan permohonan Bupati Pudjirustaty Narang tidak dapat menghadiri kegiatan Isra Miraj karena sedang berada di luar daerah.

"Namun beliau titip salam kepada Kiyai dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang hadir dalam kegiatan ini. Beliau berpesan bahwa pemerintah daerah akan terus mendukung kegiatan keagamaan di Kabupaten Pulang Pisau termasuk kegiatan umat Islam,"kata Edy P Casmani.

Perlu diketahui, peringatan Isra Miraj dan haul Guru Sekumpul dihadiri Staf Ahli Bupati Pulang Pisau Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Edy Purwanto Casmani, Wakil Ketua I DPRD Pulang Pisau H Ahmad Fadli Rahman, perwakilan Kapolres Pulang Pisau, perwakilan Kajari Pulang Pisau, perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau, Pimpinan PT Bank Kalteng Ebed Kadarusman, perwakilan Kepala Kantor Kemenag, Ketua Baznas Pulang Pisau KH Drs Khairil Anwar, Sekretaris PC NU Pulang Pisau Ustadz Nasrun Rambe SAg, Ketua DPD BKPRMI Pulang Pisau Nasrullah SAg MM, dan pejabat dan ketua Ormas lainnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama