Miliki RSUD sendiri, Layanan Kesehatan untuk Warga Daratan Kotabaru Makin Mudah

Miliki RSUD sendiri, Layanan Kesehatan untuk Warga Daratan Kotabaru Makin Mudah

KOTABARU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sengayam, diresmikan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar di wilayah perbatasan dengan Kalimantan Timur, Selasa (17/1/2023).

Rumah Sakit ini dibangun sejak tahun 2021 dan selesai pada tahun 2023 ini, dengan luas lahan 28 hektare. Beberapa fasilitas pelayanan tersedia, di antaranya rawat inap, pelayanan UGD, Poli umum, poli anak, dan poli klinik serta penunjang lainnya.

Kehadiran rumah sakit ini sebagai bukti hadirnya Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam upaya melayani masyarakat di bidang kesehatan, baik masyarakat perkotaan maupun masyarakat terpencil yang berada di perbatasan Kotabaru.

Dalam sambutannya, Bupati Sayed menyampaikan, sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan kepada masyarakat dan mempermudah untuk mendapatkan pelayanan.

"Dengan dibangunnya rumah sakit umum di Sengayam ini menjadikan realisasi program Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat yang berada diperbatasan," ucap Sayed.

Ia meminta kepada para tenaga medis atau perawat agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat umum, bersikap ramah dan tulus dalam melayani untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Erwin Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kotabaru yang telah mendukung pembangunan rumah sakit umum di Sengayam ini.

"Rumah Sakit Umum ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat Sengayam dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayanan kesehatan," ujar Erwin.

Erwin mengatakan, masyarakat terpencil terkadang kurang merasakan layanan kesehatan, dikarenakan dengan letak geografis yang sulit ditempuh untuk menuju tempat layanan kesehatan. 

"Dan alhamdulilah sekarang masalah itu sudah tidak lagi menjadi kendala, karena rumah sakit tersebut sudah rampung dan selesai dibangun yang saat ini diresmikan langsung oleh Bupati Kotabaru," tuturnya.

Selain meresmikan Rumah Sakit Sengayam, Bupati juga menyerahkan secara langsung kendaraan operasional untuk tenaga medis yang berada di beberapa Kecamatan guna melayani masyarakat terpencil yang tidak bisa diakses dengan kendaraan roda empat.

Peresmian ini dihadiri Ketua DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Forkopimca, seluruh Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Kotabaru serta pimpinan perusahaan dan perbankan.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama