Bupati Zairullah Azhar Minta SKPD Mendukung Penuh Penerapan SRIKANDI

Bupati Zairullah Azhar Minta SKPD Mendukung Penuh Penerapan SRIKANDI

BUPATI Zairullah bersama SKPD Launching Aplikasi SRIKANDI.| foto : ade

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar hadiri sekaligus sambutan pada acara Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di ruang Digital Live Room (DLR) Kantor Bupati setempat, Rabu (25/1/2023).

"Atas nama Pemerintah Daerah, menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakanya, launching aplikasi SRIKANDI di Kabupaten Tanah Bumbu ini," kata Zairullah Azhar.

Zairullah mengaku kegiatan tersebut memiliki peran strategis dalam upaya mendukung terselenggaranya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis secara baik.

“Seperti yang kita ketahui bersama, Kebijakan pengembangan dan penerapan SRIKANDI, mengacu pada Perpres 95/2018 tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Pasal 31, dimana Aplikasi Umum ditetapkan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang aparatur negara. Dan Keputusan Menteri PAN & RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selalu melakukan upaya percepatan, dalam mengimplementasikan SRIKANDI dengan memberikan  pelatihan dan menyiapkan sumber daya pengelola aplikasi dimasing-masing SKPD.

Pemerintah akan memberikan fasilitas berupa Tablet untuk Kepala SKPD dan Laptop atau PC untuk pengelola aplikasi guna mendukung percepatan tersebut.

"Seperti yang kita ketahui, bahwa penggunaan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum pada instansi Pemerintah, dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan, karena setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” kata Bupati Tanah Bumbu itu.

Ia meminta penerapan Aplikasi SRIKANDI di Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu segera dapat dijalankan, guna mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Tanah Bumbu yang melayani, sederhana dan akuntabel.

"Kepada seluruh Pimpinan SKPD beserta seluruh stakeholder, dapat mendukung penuh implementasi penerapan SRIKANDI pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, serta mendukung penuh kebijakan dalam penerapan Aplikasi SRIKANDI ini dengan baik," tutupnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama