Ramu Keberagaman Suku, Bakesbangpol Tala Optimalkan Peran FPK

Ramu Keberagaman Suku, Bakesbangpol Tala Optimalkan Peran FPK

PELAIHARI - Kabupaten Tanah Laut (Tala) dapat dikatakan sebagai salah satu daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menjadi tempat tersebarnya beragam suku dari seluruh Indonesia. 

Adanya keberagaman suku ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tala terus berupaya mengoptimalkan peran Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Tala demi terciptanya hubungan yang baik dan harmonis antar suku.

Kepala Bakesbangpol Tala, Rudi Ismanto menuturkan, FPK ini menjadi salah satu langkah pemerintah membuka ruang komunikasi setiap suku yang terhimpun di dalamnya.

"FPK ini memiliki pertemuan rutin, diharapkan pertemuan-pertemuan ini terus menambah kesolidan dan mempererat hubungan setiap suku yang ada di Tala," papar Rudi saat dikonfirmasi, Kamis (15/12/2022).

Selain itu, kata Rudi, untuk memperkuat hubungan melalui pertemuan internal, FPK sendiri juga terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak demi mendukung terciptanya suasana yang kondusif di Tala.

Menurutnya, dengan adanya peran yang cukup vital dalam menciptakan kebersamaan tersebut. Tidak heran dalam beberapa kesempatan Bakesbangpol Tala selalu mencoba menelusuri keberadaan suku-suku pada setiap kecamatan di Tala guna melakukan pendataan agar dapat ikut bergabung bersama FPK.

"Saat ini yang masih terdata sebanyak 21 suku. Saya yakin masih banyak lagi suku yang belum terdata. Kami akan terus memaksimalkan kegiatan pendataan ini," katanya.

Rudi mengatakan, Pemkab Tala sendiri telah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 21 suku tersebut, karena dinilai telah memiliki peran dalam menjaga kerukunan antar suku bertepatan saat Pagelaran Wayang Kulit Jawa dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-57 Tala pada 3 Desember yang lalu.

"Dalam proses pendataan, ada kemungkinan kami terlewat. Jadi, kami juga membuka ruang apabila ada suku yang belum terdaftar dan mau secara mandiri melaporkan ke Kantor Bakesbangpol Tala," ujarnya.

Rudi berharap adanya FPK yang menjadi salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menjaga keharmonisan antar suku ini mampu mencegah terjadinya potensi konflik antar suku serta menciptakan rasa aman dan damai, terlebih menjelang Pemilu maupun Pilkada.[advertorial]

Lebih baru Lebih lama