Sekda: Percepat Akses Keuangan agar Kalteng Lebih Maju

Sekda: Percepat Akses Keuangan agar Kalteng Lebih Maju

LAUNCHING program kerja dan rapat koordinasi semester II TPAKD Kalteng.| foto : istimewa

 PALANGKA RAYA - Akses keuangan merupakan salah satu kunci mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya di daerah. 

Hal tersebut dikatakan Gubernur H Sugianto Sabran melalui Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Nuryakin pada kegiatan Launching Program Kerja dan Rapat Koordinasi Semester II Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Kamis (17/11/2022).

Kegiatan yang digelar di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng itu, Sekda menyampaikan bahwa perluasan akses keuangan perlu dilakukan tidak hanya pada tingkat Nasional, namun hingga tingkat daerah sesuai dengan Nawacita Presiden untuk membangun Indonesia dari daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

"Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah ini dibentuk dengan tujuan untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan dalam rangka pemerataan ekonomi dan kemandirian daerah," ucap Sekda menyampaikan amanat tertulis Gubernur.

Diuraikannya, selama tahun 2022 ini telah dikukuhkan sebanyak 7 TPAKD tingkat Kabupaten/Kota, sehingga diharapkan TPAKD di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalteng semuanya telah terbentuk.

"Diharapkan dengan terbentuknya seluruh TPAKD di Kalimantan Tengah ini akses keuangan dapat tersedia secara cepat dan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui program kerja yang dibentuk," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sekda mengungkapkan bahwa Pemprov Kalteng memberi apresiasi kepada seluruh Pimpinan Daerah di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai tersebut yang tanggap dalam membentuk TPAKD. 

"Saya berpesan agar seluruh TPAKD yang sudah dikukuhkan dapat membuat program kerja yang sesuai dengan tujuan TPAKD, salah satunya adalah untuk menyediakan akses keuangan seluas-luasnya bagi masyarakat," tandasnya.

Adapun program kerja TPAKD Provinsi Kalteng yang di-launching tersebut, diantaranya Agen Keuangan Inklusi dan Literasi atau Aksi Berkah, Program Kredit Melawan Rentenir-Berantas Rentenir Tanpa Bunga atau Betang Berkah, dan Website Akses Keuangan Kalimantan Tengah atau Aku Kalteng.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama