Sumpah Pemuda, Sebuah Janji Anak Bangsa

BUNTOK - Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober, memiliki makna tersendiri bagi tiap kalangan.

Seperti yang diutarakan Anggota DPRD Barito Selatan(Barsel), Tri Wahyuni.

Menurutnya, sumpah pemuda sebagai sebuah janji anak bangsa untuk selalu mencintai negaranya, sekaligus ajang untuk menghidupkan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa. 

Hal ini terutama tanpa mementingkan kepentingan kelompok tertentu.

"Makna sumpah pemuda adalah bersatunya semua perbedaan menjadi satu kesatuan dalam kemajuan. Sumpah pemuda adalah semangat kesatuan dan persatuan yang utuh tanpa mengedepankan kepentingan sektoral. Janji anak bangsa untuk selalu mengakui dan menjunjung tinggi bangsanya,” ucap Tri, Jumat (28/10/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, peringatan sumpah pemuda harus jadi momentum bagi pemuda untuk menjadi mandiri dan melek informasi, serta dapat meneruskan perjuangan para pendahulu untuk memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi yang terdepan.

Kini, lanjutnya, pemuda harus kembali ke semangat sumpah pemuda dan meneruskan spirit perjuangan yang dilakukan. 

Hari ini bukan lagi sekadar menumbuhkan nasionalisme, tapi semangat kekinian adalah semangat kemajuan, hari-hari penuh prestasi, hari-hari penuh kreativitas.

“Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pemuda adalah satu, pemuda adalah etos, pemuda adalah masa depan, dan pemuda adalah kemajuan,” pungkasnya.[deni]

loading...