PDAM Kotabaru Raih Peringkat 3 Transdigital Award

KOTABARU – Menggunakan pelayanan digitalisasi dalam memudahkan pelayanan kepada pelanggan, PDAM Kabupaten Kotabaru meraih penghargaan juara 3 atas pelayanan Transdigital Award

Trandigital Award tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PUPR RI pada tanggal 6 Oktober 2022 lalu di Jakarta, dan diterima langsung Plt Direktur PDAM Kotabaru, Tri Basuki.

Tri Basuki menyampaikan, transportasi tersebut mengubah dari dulunya sistem manual, menjadi ke sistem digitalisasi. Karena sekarang sudah zamannya era digitalisasi di mana ditantang mengikuti perkembangan zaman.

"Artinya sekarang PDAM Kotabaru sudah memiliki sistem yang sudah terintegrasi, kemudian sentral data dan kita juga mempunyai sistem brilinknya. Kemudian sistem kis-nya kita artinya ke depannya sudah mempersiapkan untuk era digitalisasi," tutur Tri, Senin (10/10/2022).

Contoh kongkretnya seperti pembayaran-pembayaran rekening air, yang tadinya pelanggan banyak membayar air langsung ke PDAM dan sekarang tidak ada lagi. Artinya pelanggan bisa membayar melalui HP pelanggan sendiri sudah bisa.

"Untuk di desa ataupun di RT sudah disebarkan, silahkan pelanggan membayar di mana saja sudah bisa. Begitu juga pelanggan-pelanggan kita yang ada di IKK Kecamatan, seperti Kecamatan Sungai Durian, Bakau, kemudian Cantung, Sengayam, mereka sudah bisa bayar di mana saja," katanya.

Dengan sistem penggunaan digitalisasi yang dilakukan, PDAM Kotabaru mendapatkan penghargaan dari Kementerian PUPR RI sebagai juara 3 dalam penggunaan digitalisasi dalam melaksanakan pelayanan kepada pelanggan PDAM.

"Walaupun PDAM Kotabaru hanya mendapatkan penghargaan ketiga dalam penggunaan digitalisasi, atas nama pemerintah dan saya secara pribadi sudah cukup membanggakan," ujarnya.

Dari 493 PDAM di seluruh Indonesia, PDAM Kotabaru mendapatkan juara 3 dengan menyisihkan 190 PDAM dengan skala kecil. Dengan penilaian transportasi digital ini dalam rangka mempersiapkan masa jangka PDAM ke depan.

"Saya berharap dalam pelayanan perubahan di era manual hingga menjadi era digitalisasi saat ini, kami sudah mempersiapkan jangka panjang dan kami juga sudah siap untuk menggunakan layanan digitalisasi kepada para pelanggan PDAM Kotabaru," jelas Tri.

Penilaian dimulai pada bulan Juli 2022, di mana program pemerintah saat sekarang ini merupakan program digitalisasi secara berkelanjutan. Pihaknya juga sudah mempersiapkan pelayanan digitalisasi terhadap para pelanggan PDAM Kotabaru.

"Yang mana dulunya para pelanggan bila hendak membayarkan tagihan rekening air atau menjadi pelanggan baru PDAM tidak perlu lagi datang ke Kantor PDAM, cukup di rumah saja. karena PDAM Kotabaru sudah memiliki layanan digitalisasi untuk memudahkan masyarakat dalam sistem pembayaran," pungkasnya.[zainuddin]


loading...