Panen Jagung bersama Dandim, Bupati Bartim: Menjadi Contoh dan Motivasi

Panen Jagung bersama Dandim, Bupati Bartim: Menjadi Contoh dan Motivasi

PANEN jagung di lahan Koramil 1012-04 Tamiang Layang.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas menghadiri panen jagung yang digelar Kodim 1012 Buntok di lahan Koramil 1012-04 Tamiang Layang, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Hendro Wicaksono tersebut juga dihadiri Wakapolres Bartim, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bartim serta Camat Dusun Timur.

Hendro Wicaksono mengatakan, pihaknya mendapat perintah langsung dari komando untuk mendukung pemerintah daerah dalam menciptakan ketahanan pangan serta mengatasi inflasi di daerah.

"Sampai kapanpun situasi inflasi ini terjadi, maka kami akan melakukan penanaman jagung seperti ini," ujarnya.

Lanjutnya, Kodim 1012 terus melakukan sinkronisasi dengan program yang dijalankan oleh pemerintah daerah.

"Selain mengembangkan tanaman jagung, Kodim 1012 Buntok juga berencana mengembangkan budidaya hortikultura yang lain, seperti cabai, bawang dan sayur-sayuran sesuai dengan program Gubernur Kalimantan Tengah yang disampaikan kepada Bupati," ungkapnya.

Menurutnya, lahan yang tersedia di Koramil 1012-04 Tamiang Layang tersebut seluas 2 hektare, namun mengingat personel Koramil yang hanya 20 orang maka penanaman atau pemanfaatan lahan dilakukan secara bertahap.

"Hasil panen kali ini dibagikan kepada masyarakat sekitar dan anggota Koramil Tamiang Layang, dan panen berikutnya nanti kita berencana untuk melaksanakan bakti sosial," tukasnya.

Sementara itu, Bupati Ampera mengatakan, program penanaman jagung Kodim 1012 itu dapat menjadi contoh sekaligus memotivasi bagi masyarakat Bartim untuk melakukan hal yang sama.

"Ini akan mendukung ketahanan pangan kita sesuai dengan instruksi dari Presiden, dan nanti dari Dinas Pertanian juga akan melakukan di masyarakat dengan memanfaatkan halaman-halaman pekarangan yang kosong," tandasnya.[siti/adv]

Lebih baru Lebih lama