Oktober 2022, Banjir Melanda 9 Kabupaten/Kota di Kalteng

Oktober 2022, Banjir Melanda 9 Kabupaten/Kota di Kalteng

RAKOR Penanganan Banjir Kalteng Tahun 2022.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pada bulan Oktober 2022, tercatat sembilan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terdampak banjir.

Fakta ini disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng, Falery Tuwan, Senin (17/10/2022).

Kesembilan Kabupaten/Kota tersebut, bebernya, yakni Kabupaten Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Katingan, Seruyan, Pulang Pisau, Barito Utara, dan Kota Palangka Raya.

"Banjir ini melanda 7 Kecamatan di Kabupaten Lamandau, Sukamara melanda 2 Kecamatan, Kotawaringin Barat 3 Kecamatan, Kotawaringin Timur di 4 Kecamatan, di Katingan 4 Kecamatan, Seruyan 9 Kecamatan, Pulang Pisau 1 Kecamatan, Barito Utara 1 Kecamatan, dan di Kota Palangka Raya melanda 4 Kecamatan," ungkapnya.

Dari kesembilan Kabupaten/Kota terdampak banjir tersebut, bebernya, sebanyak 5 Kabupaten telah menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir, yakni Kabupaten Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, dan Kabupaten Katingan. 

Sedangkan, tambahnya, Kabupaten Seruyan saat ini dalam proses penetapan Status Darurat, demikian halnya juga dengan Kota Palangka Raya yang saat ini tengah bersiap menetapkan Status Darurat.

"Kita rangkum, banjir di Kalimantan Tengah periode Oktober 2022 ini melanda 9 Kabupaten/Kota, 35 Kecamatan, dan 184 Desa/Kelurahan, serta berdampak pada 16.424 Kepala Keluargadan 47.136 Jiwa, dengan jumlah pengungsi mencapai 61 Kepala Keluarga dan 235 Jiwa," tukasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Banjir di wilayah Provinsi Kalteng Tahun 2022, Senin (17/10/2022) mengungkapkan bahwa Pemprov setempat bekerja sama dengan TNI - Polri akan melaksanakan kegiatan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir.

"Sekitar 40 ribu paket sembako akan didistribusikan dalam waktu dekat, dimana untuk hari Rabu 19 Oktober 2022 mendatang, bapak Gubernur Kalimantan Tengah dijadwalkan akan menyerahkan secara simbolis sekitar 20 ribu paket sembako kepada pihak TNI dan Polri untuk selanjutnya di distribusikan ke Kabupaten/Kota yang benar-benar terdampak," tutupnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama