Bantuan BSPS 2022 Dua Desa di Pulang Pisau Ini Sudah Direalisasikan

Bantuan BSPS 2022 Dua Desa di Pulang Pisau Ini Sudah Direalisasikan

PULANG PISAU - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) NAHP tahun 2022, sudah realisasikan atau diterima oleh penerima bantuan di dua desa di wilayah Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Senin 3 Oktober 2022.

Itu dikatakan Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Pulang Pisau, Usis I Sangkai kepada awak media ini, Kamis (6/10/2022). 

"Dua desa tadi, yakni Desa Gandang dan Kanamit. Totalnya sebanyak 79 penerima bantuan dengan rincian 30 untuk Desa Gandang dan 49 Desa Kanamit," ujar Usis sapaan akrab pria yang menjabat Kadis definitif PUPR Pulang Pisau. 

Disampaikannya, realisasi tersebut disalurkan pada acara Penyerahan Upah Kerja Tukang Peningkatan Kualitas Rumah Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) NAHP Tahun 2022 di Balai Desa Gandang. 

Dia menjelaskan, bantuan ini dari Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah I Kalimantan di Kabupaten Pulang Pisau. Dimana, lanjutnya, saat ini juga sedang terdapat di Kecamatan Jabiren Raya yang berada di Desa Jabiren sebanyak 19 penerima bantuan.

"Dari data rumah tidak layak huni yang terdata pada aplikasi E-RTLH sebanyak 4.049 data By Name By Address (BNBA), dan hal itu nantinya akan selalu diusulkan secara terus menerus ke Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Perumahan Direktur Rumah Swadaya ke dalam Usulan Bantuan melalui aplikasi SIBARU (Sistem Informasi Bantuan Perumahan)," tuturnya.

Tak hanya itu, tambah Usis, pada tahun 2022 ini Kabupaten Pulang Pisau juga menerima Program Bantuan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni yang bersumber dari Dana APBD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 3 penerima bantuan yang berlokasi di 2 Desa, yakni 2 penerima warga di Desa Sei Baru Tewu, dan 1 Penerima Bantuan di Desa Jabiren. 

"Kami harapkan kedepannya semua usulan untuk peningkatan kualitas rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah baik melalui Kementerian PUPR maupun dari APBD Provinsi Kalteng serta melalui APBD Kabupaten Pulang Pisau dapat diakomodir sehingga dapat mewujudkan hunian yang sehat dan berkualitas dari rumah yang semula," paparnya. 

Saya pribadi, Usis, mengucapkan terima kasih kepada Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah I Kalimantan Kementerian PUPR, Pihak Bank Mandiri Kabupaten Pulang Pisau, serta Pihak-Pihak yang telah mendukung terlaksananya Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) NAHP Tahun 2022 Kabupaten Pulang Pisau dari awal hingga akhir.[manan]

Lebih baru Lebih lama