Raker di Barsel, Gubernur Kalteng Harapkan Ini

Raker di Barsel, Gubernur Kalteng Harapkan Ini

GUBERNUR Kalteng, H Sugianto Sabran saat menghadiri rapat kerja di Barsel.| foto : istimewa

BUNTOK - Selain perencanaan yang baik, serapan anggaran merupakan salah satu indikator penilaian kinerja Pemerintah Daerah dalam rangka menciptakan etos kerja yang profesional, dan sebagai upaya peningkatan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran saat Rapat Kerja (Raker) bersama Camat, Lurah, Kepala Desa, BPD, Damang, Kepala SMA/SMP/SD dederajat dan Pelaku UMKM se-Kabupaten Barito Selatan yang dilangsungkan di GPU Jaro Pirarahan, Buntok, Sabtu (3/9/2022).

"Hingga tanggal 30 Juni 2022, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menempati peringkat ke empat realisasi APBD dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Untuk mencapai target selanjutnya realisasi anggaran triwulan ke-III sebesar 85 persen perlu dilakukan langkah-langkah strategis, salah satunya mempercepat proses pengadaan barang dan jasa," ungkapnya.

Dirinya berharap, dalam pengelolaan APBD ataupun APBN dapat menghentikan kebiasaan mengebut penyerapan anggaran di akhir tahun, karena dinilai tidak efisien dan menimbulkan berbagai risiko.

"APBD dan APBN merupakan salah satu komponen paling penting dalam pemulihan ekonomi, terutama setelah pandemi Covid-19," tuturnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut menekankan agar memperhatikan Hilirisasi industri dan pemberdayaan UMKM.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama