BNJM akan Selesaikan Beberapa Tuntutan Warga sesuai Prosedur

BNJM akan Selesaikan Beberapa Tuntutan Warga sesuai Prosedur

PERWAKILAN masyarakat saat mengikuti RDPU di gedung DPRD Bartim.| foto : siti

TAMIANG LAYANG - Usai Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait permasalahan antara warga Desa Desa Kalamus Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur (Bartim) dengan PT Bangun Nusantara Jaya Mandiri (PT BNJM), Senin (12/9/2022).

Manajemen PT BNJM yang diwakili oleh Kepala Teknik Tambang (KTT) Noval Maulanas kepada awak media mengatakan akan menyelesaikan beberapa tuntutan warga dengan prosedur yang ada pada PT BNJM. 

"Kami dari PT BNJM intinya beretikad baik dan akan menyelesaikan segala tuntutan, dengan catatan tetap mengacu pada prosedur yang ada di perusahaan kami," ungkapnya.

Selain itu dikatakan bahwa pihaknya beretikad baik dan tetap ingin berusaha di Kabupaten Bartim dan memohon bantuan dari semua pihak.

Kemudian, terkait keluhan warga atas dugaan pencemaran lingkungan akibat aktivitas tambang di wilayah IUP PT BNJM, Noval menjelaskan bahwa dalam pertambangan tentunya ada dampak, dan pihak perusahaan akan berupaya mengantisipasi dampak tersebut.

"Yang namanya penambangan itu tetap pasti ada akibat, karena ada pembukaan lahan pasti ada penyebab hingga kerusakan lingkungan. Itu yang akan kita minimalkan dan sampai saat ini untuk perbaikan lingkungan tetap kami lakukan," ungkapnya.

Terkait aktivitas tambang di IUP PT BNJM, Noval juga mengklarifikasi bahwa penambangan di lahan warga tersebut telah dilakukan pihak ketiga yang tertuang dalam surat pernyataan secara tertulis dilakukan oleh Sugito.

"Akan kita tindaklanjuti sesuai prosedur. Saya sudah klarifikasi bahwa bukan kita yang melakukan penambangan itu, dan sesuai surat pernyataan. Kita sudah larang, dan kita tidak bisa tanggulangi," terangnya.

Namun, ketika awak media melontarkan pertanyaan aktivitas maupun nama perusahaan yang melakukan penambangan, Noval bungkam dan tidak memberi jawaban seraya mengakhiri.

Sementara itu, Muhammad Cornelius, salah satu perwakilan masyarakat yang hadir pada RDPU tersebut mengatakan, sejauh ini belum ada penyelesaian atas tuntutan dan pertanyaan dari pihak masyarakat yang disampaikan kepada manajemen PT BNJM.

"Belum ada hasil," tegasnya singkat usai mengikuti RDPU tersebut.[siti]

Lebih baru Lebih lama